Pria juga Rentan Kena Kanker Payudara

Selasa, 04 Juni 2013 – 19:18 WIB
Pria juga rawan kena kanker payudara. Getty Images
Kanker payudara merupakan penyakit yang paling mengerikan bagi wanita. Penyakit ini menjadi penyebab kematian yang kedua bagi kaum hawa.

Namun, penyakit ini rupanya tidak hanya menyerang perempuan, tapi juga laki-laki. Kanker payudara ini terjadi ketika beberapa sel dalam jaringan payudara membelah secara tak terkendali. Kemudian membuat benjolan pada sel dalam jaringan payudara secara tidak normal.

"Sebenarnya, kanker payudara yang menyerang pria sangatlah berbahaya.Jadi, jika anda merasakan ada benjolan pada payudara anda, maka anda harus segera memeriksakan diri anda kedokter, " kata Ahli Bedah Onkologi dari Indraprastha Apollo Hospital, Dr Sameer Kaul, seperti yang dilansir laman Post Jagran, Senin (3/6).

Penyebab

"Penyebab kanker payudara pada wanita adalah predisposisi genetik (kerentanan terhadap penyakit genetik), dan pada laki-laki biasanya dari ketergantungan hormon," kata ahli onkologi (ahli kanker/tumor) radiasi, Dr AK Anand.

Kanker payudara ini lebih sering terjadi pada pria yang memiliki:

  • Beberapa anggota keluarga dekat mereka (pria atau wanita) menderita kanker payudara.
  • Seorang kerabat dekat didiagnosa menderita kanker payudara di kedua payudara.
  • Seorang kerabat didiagnosis dengan kanker payudara di bawah usia 40 tahun.

Pengobatan


"Seperti kanker payudara pada wanita, pengobatan tergantung pada stadium kanker dan kondisi fisik keseluruhan pasien," kata ahli onkologi bedah, Dr Vedant Kabra.

Kebanyakan pria yang didiagnosa menderita kanker payudara, pada awalnya dianjurkan untuk melakukan operasi pembedahan kanker payudara. Sebuah mastektomi radikal yang dimodifikasi (pengangkatan payudara, lapisan atas otot-otot dada, dan bagian dari kelenjar getah bening tambahan) adalah pengobatan bedah yang paling umum dari kanker payudara laki-laki. Kadang-kadang bagian dari otot-otot dinding dada juga dihapus. Setelah operasi, mereka dianjurkan untuk melakukan adjuvant terapi. Ini dianjurkan terutama jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening (kanker node-positif). Adjuvant terapi meliputi kemoterapi, terapi radiasi, dan terapi hormonal.

Fakta yang menyedihkan adalah, bahwa pria umumnya tidak menyadari masalah ini, karena mereka beranggapan bahwa kanker payudara hanya menyerang kaum wanita saja.

Gejala


Gejala meliputi massa perusahaan yang terletak di bawah puting dan perubahan kulit sekitar puting, termasuk kerutan, kemerahan atau sisik, pencabutan dan ulserasi puting. Pengobatan tergantung pada pementasan dan kesehatan pasien. Gejala lainnya adalah:

  • Perubahan kulit disekitar puting, termasuk kerutan, kemerahan atau bersisik.
  • Benjolan atau pembengkakan pada payudara, puting susu atau dinding dada.
  • Inversi puting (puting telah berbalik ke dalam)
  • Kulit menjadi berkerut ketika benjolan ditemukan.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda

  • Cobalah mencari tahu sebanyak mungkin tentang kondisi dan pengobatan kanker payudara, apakah itu melalui dokter pribadi anda ataupun media lain.
  • Jaga diri anda sendiri.
  • Makan makanan bergizi, berolah raga dan hindari merokok atau minum minuman alkohol, karena hal itu dapat meningkatkan penyebaran kanker. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tidur Bekualitas Dapat Menambah Cantik para Wanita

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler