Program Ganjar 'Satu Desa, Satu Faskes, Satu Nakes' Dinilai Tepat, Ini Sebabnya

Kamis, 30 November 2023 – 21:05 WIB
Capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan capres-cawapres nomor urut tiga di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo-Mahfud MD memprioritaskan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Hal itu direalisasikan melalui program unggulan ‘Satu Desa, Satu Faskes, Satu Nakes’.

BACA JUGA: Alam Ganjar Diskusi dengan Pengusaha Muda & Bahas Perkembangan Brand Lokal Bandung

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai program tersebut bagus dan rasional. 

Sebab, selain pendidikan, kesehatan menjadi sektor yang penting dikembangkan untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

BACA JUGA: Program 1 Desa, 1 Faskes, 1 Nakes Ganjar Dinilai Penuhi Kebutuhan Rakyat

“Itu suatu program yang rasional, tidak muluk-muluk gitu, bisa diwujudkan karena baru satu (tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan),” ujar Emrus seperti dikutip, Kamis (30/11).

Menurutnya, jika nanti pertumbuhan ekonomi naik jumlah tenaga kesehatan (nakes) harus ditambah menjadi tiga orang per desa, yaitu, seorang dokter umum, perawat, dan bidan.

“Tentu, bisa saja di tahun ketiga atau tahun keempat nanti, pemerintahan beliau (Ganjar Pranowo-Mahfud MD) bisa jadi tiga (nakes) per desa,” ucapnya.

Saat ini, kata dia, tidak semua desa di Indonesia memiliki nakes dan fasilitas kesehatan (faskes) yang memadai. 

Emrus menyebut sejumlah desa bahkan memiliki nakes yang merupakan relawan atau putra-putri daerah yang balik ke kampung halamannya untuk mengabdi.

“Artinya, belum terprogram dari pemerintah secara sistematis sebagai suatu program utama selama ini. (nakes dan faskes) di desa itu boleh dikatakan masih sangat minim. Kecuali, memang di tingkat kecamatan,” tutur Emrus.

Menurut Emrus, kemajuan suatu negara bermula dari desa. 

Jika kesehatan di desa sudah bagus, maka otomatis di tingkat kelurahan dan kecamatan akan mengikuti. 

Namun, kata dia, sebaiknya Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjelaskan skema pembiayaan program tersebut. 

Dia pun percaya Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bisa mencarikan berbagai sumber pembiayaan baru yang tidak mengganggu dana untuk program-program kesehatan telah berjalan selama ini.

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dinilai dapat menemukan berbagai sumber pembiayaan baru dengan mengelola kekayaan alam Indonesia yang melimpah.(mcr10/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Ganjar   Mahfud MD   Mahfud   nakes  

Terpopuler