Program Pemberdayaan UMKM Sampoerna dan Inotek Dipuji Sandiaga Uno

Selasa, 05 September 2023 – 16:26 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memuji upaya program pemberdayaan UMKM Sampoerna. Foto: dok Sampoerna

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memuji upaya program pemberdayaan UMKM PT HM Sampoerna Tbk.

Seperti diketahui, Sampoerna menjalankan sebuah pendampingan UMKM yaitu Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC), salah satunya di Kota Serang, Provinsi Banten.

BACA JUGA: Ratusan Pelaku UMKM Kota Bogor Mendukung PAN untuk Pemilu 2024

Sandiaga menilai SETC dan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), telah membuka ruang inovasi dan kreativitas serta memotivasi pelaku UMKM untuk terus berkembang.

"Kami berterima kasih kepada Sampoerna dan INOTEK yang membuka ruang inovasi pelaku UMKM dan sekaligus memotivasi kita semua," katanya ketika memberikan sambutan pada kegiatan "Menuju Kota Serang Kreatif," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (5/9).

BACA JUGA: Asippindo: Perusahaan Penjaminan Berperan Menjembatani UMKM dengan Lembaga Keuangan

SETC adalah program pemberdayaan UMKM oleh PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui Payung Program Keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia”.

SETC dan Inotek telah meluncurkan program UMKM untuk Indonesia (UUI) untuk transformasi digital pada Maret 2023.

BACA JUGA: Sukarelawan Sandi Uno Dorong Pengembangan UMKM yang Ada di Klaten

Program ini bertujuan mengakselerasi pengembangan di Provinsi DKI Jakarta dan Banten melalui penguatan kapasitas dalam pemasaran digital sehingga mereka dapat meningkatkan daya saing UMKM.

"Seiring dengan tingginya pengguna internet di tanah air, pelaku UMKM butuh literasi digital untuk mengembangkan usahanya," ungkap Sandiaga.

Di sisi lain, pemerintah selalu berupaya memfasilitasi, tetapi aktor utama adalah masyarakat dan pelaku UMKM itu sendiri. Untuk itu, Sandiaga memuji kehadiran SETC untuk mendukung dan mendampingi pelaku UMKM di Kota Serang.

"Saya pernah ke SETC di Pasuruan, lokasinya luas sekali dan kami sedang menjajaki kerja sama dengan HM Sampoerna," katanya.

Sandiaga Uno mengatakan dirinya selalu mendorong semangat 3G yakni gerak cepat, gerak maju bersama, dan gas pol atau berani menggarap semua potensi yang ada.

"Indonesia bisa menjadi pusat kreatif dunia, dari Serang untuk dunia," katanya.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna Ishak Danuningrat mengatakan perseroan berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, termasuk melalui transformasi digital.

“Melalui 'Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia', kami senantiasa mendukung sektor UMKM untuk terus bertumbuh sebagai salah satu penggerak utama perekonomian nasional,” kata Ishak.

Menurutnya, ada sekitar 175 pelaku UMKM di Banten yang mengikuti program di SETC.

Sejak dimulai pada 2007, program SETC telah memberikan pelatihan kewirausahaan kepada lebih dari 67 ribu peserta di Indonesia, baik secara daring maupun luring.

Program UUI untuk Transformasi Digital merupakan salah satu dari berbagai pelatihan dan pendampingan UMKM yang telah dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan SETC selama 16 tahun terakhir bagi UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Lebak pun mengapresiasi kerja sama SETC dan INOTEK karena tidak hanya mendampingi, tetapi juga membina pelaku UMKM. Kolaborasi serupa diharapkan terus dilakukan ke depan. (mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UMKM   SETC   Sampoerna   Sandiaga Uno   Serang  

Terpopuler