Projo Ganjar Sampaikan Refleksi, Gencarkan Seruan Dukung Ganjar-Mahfud

Kamis, 28 Desember 2023 – 13:57 WIB
Capres-Cawapres RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengenakan baju adat nusantara saat mengadiri debat kedua yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12). Foto: Tim Media Ganjar-Mahfud.

jpnn.com, JAKARTA - Projo Ganjar menyoroti beberapa isu yang perlu disampaikan berupa refleksi akhir 2023.

Projo Ganjar merupakan Organ Relawan Pemenangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

BACA JUGA: Atikoh Ganjar Berjalan ke Tempat Sarapan di Magelang, Warga Mengenali, Lalu Selfie

Ketua Projo Ganjar Haposan Situmorang menyatakan kontetasi pilpres tentu sangat menguras energi dan membetot perhatian masyarakat luas.

”Tentu terjadi gesekan yang cukup berarti di antara pendukung ke tiga pasangan capres dan cawapres baik di tingkat elite maupun tingkat lokal,” kata Haposan dalam keterangannya, Kamis (28/12).

BACA JUGA: Atikoh Ganjar Ingatkan Perempuan Harus Bakoh

Projo Ganjar menyoroti sejumlah hal sebagai refleksi akhir tahun 2023, seperti netralitas aparat, ASN, TNI, dan Polri.

Dia berharap ASN, TNI, dan Polri tetap profesional dan netral tidak memihak pada salah satu pasangan capres dan cawapres.

“Yakni dengan tidak melakukan penekanan ataupun intimidasi (secara verbal) atau memperdagangkan pengaruh kepada rakyat, yang pada umumnya membutuhkan pelayanan publik yang berkeadilan,” lanjutnya. 

Selain itu, penyelenggara pemilu yaitu KPU, BAWASLU, dan DKPP harus menjaga netralitas serta tidak memihak pada salah satu kontestan Pilpres 2024.

Menurutnya, yang lebih penting menjaga profesionalisme sehingga kualitas Pilpres 2024 bisa dipertanggung jawabkan baik dari aspek hukum maupun dari segi etik.

“Projo Ganjar juga menyoroti lembaga survei dimana beberapa lembaga survei disinyalir mengeluarkan hasil yang tidak sesuai dengan etika keilmuan artinya di pertanyakan apakah betul survei itu memang didasari oleh niat tulus untuk memotret aspirasi masyarakat yang di wakili beberapa kelompok tertentu dalam masyarakat, ataukah mewakili kepentingan," tambah Haposan.

Haposan menjelaskan para lembaga survei pilpres dan pileg harus betul-betul bisa menjaga integritas kode etik lembaga survei dan tidak memihak. 

Dia menegaskan mereka harus mengeluarkan hasil survei yang menggambarkan atau mendekati kenyataan sejujur-jujurnya, tidak direkayasa dan tidak hanya mewakili kepentingan pemberi order atau pembayar hasil survei.

Tak hanya itu, Projo Ganjar juga meminta para caleg gerbong koalisi partai pengusung paslon nomor tiga Ganjar-Mahfud, untuk sungguh sungguh memberi kontribusi yang nyata kepada pasangan Ganjar-Mahfud.

“Dengan membantu mensosialisasikan program-program dan serta visi dan misi Ganjar-Mahfud dikalangan konsituennya pada saat melakukan kampanye atau mengunjungi door to door konsituennya selain mengkampanyekan pribadi,” ujar Haposan.

Projo Ganjar melihat terdapat banyak caleg yang tidak mengampanyekan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam baliho maupun spanduknya.

Dia mencontohkan di jalan-jalan masih banyak caleg hanya memampang diri sendiri dan gambar partai.

“Tidak mencantumkan gambar dari Ganjar-Mahfud dimana hal seperti ini sangat disayangkan,” kata Haposan.

Projo Ganjar mengajak serta menyerukan segenap komponen relawan pendukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024 agar tetap solid bekerja keras, tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak benar yang memecah belah konsentrasi para organ sukarelawan.

“Tetap fokus untuk memenangkan pasangan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud di pilpres 2024 yang Insyaallah akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024,” pungkas Haposan.(mcr8/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler