PSM Makassar Juara Piala Indonesia 2019

Selasa, 06 Agustus 2019 – 18:06 WIB
Pemain PSM Makassar merayakan sebuah gol. Foto: Idham Ama/Fajar

jpnn.com, MAKASSAR - PSM Makassar tampil sebagai juara Piala Indonesia 2019 setelah menang 2-0 atas Persija Jakarta dileg kedua final di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8).

Secara agregat PSM unggul 2-1 karena di leg pertama Persija menang 1-0, saat main di Jakarta.

BACA JUGA: Piala Indonesia 2019: Wiljan Pluim Berpeluang Main di Laga PSM vs Persija

Dalam laga ini, PSM terlihat ngotot untuk menekan Persija dari menit awal. Dukungan puluhan ribu suporter The Maczman, membuat tuan rumah sangat termotivasi.

BACA JUGA: Piala AFF U-18: Indonesia Pesta Gol ke Gawang Filipina di Babak Pertama

BACA JUGA: Persija Sebut Soal Etika Kepemimpinan Wasit Final Piala Indonesia

Terbukti, tekanan PSM membuahkan hasil saat laga belum genap empat menit berjalan. Aksi bek Aaron Evans, membuat Juku Eja unggul 1-0.

Berawal dari sepak pojok Rizky Pellu, Evans mampu memenangi duel dan menempatkan bola ke kiri gawang. Kiper Persija Andritany tak mampu menjangkaunya dan bola pun masuk ke gawang.

BACA JUGA: Hasil Final Piala Indonesia: Gol Tunggal Ryuji Utomo Bawa Persija Menang Atas PSM

Keunggulan PSM 1-0 itu membuat Persija bermain semakin terbuka. Mereka cukup agresif dan terus melakukan tekanan ke gawang tuan rumah.

PSM tak mau terlena, mereka juga membalas serangan dan berusaha teyap disiplin di lini pertahanan. Laga di setengah babak pertama ini mulai keras. Akibatnya, pada menit ke-32, wasit mengusir pemain Persija, Sandi Sute.

Gelandang enerjik ini diganjar kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran keras terhadap playmaker tuan rumah, Wiljan Pluim.

Meski demikian, Persija tak mengendurkan tekanan. Saling serang tetap terjadi, namun tak ada gol tambahan. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 PSM.

Laga sempat berjalan keras di babak kedua, karena itu pemain dari PSM dan Persija, tampak kesakitan. Beberapa harus ditandu ke luar lapangan.

PSM pada babak kedua ini, juga menerapkan strategi menyerang maksimal di awal-awal laga. Keunggulan jumlah pemain benar-benar coba dimanfaatkan.

Sementara, Persija terlihat juga tak mau main bertahan. Mereka turut melakukan serangan, demi mengejar ketertinggalan dan mencetak satu gol.

BACA JUGA: KM Aviat Samudra Tenggelam, 12 Kru Terombang-ambing di Perairan Lombok

Apa daya, meski mencoba mengejar, Persija justru kecolongan. PSM sukses menggandakan kedudukan menjadi 2-0 melalui gol Zulham Zamrun pada menit ke-50. Kelengahan lini belakang Persija jadi penyebabnya.

Berawal dari aksi Aaron Evans, bola dikirimkan ke Zulham. Posisi yang tepat, membuat Zulham dengan mudah menceploskan bola dan mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Sampai laga usai, skor tak berubah dan PSM berhak atas gelar juara Piala Indonesia yang digelar sejak 2018 lalu, dan baru berakhir di 2019. (dkk/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Starting Line Up Persija vs PSM: Tuan Rumah Timpang, Tamu Bakal Lebih Garang


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler