PSM Optimistis Bisa Kembali ke Jalur Juara

Minggu, 16 September 2018 – 03:30 WIB
Fan PSM Makassar. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, MAKASSAR - Suporter sangat berharap PSM Makassar segera kembali ke jalur juara Liga 1 2018.

Pasalnya, PSM telah puasa gelar selama 18 tahun. Kini saatnya dibuktikan.

BACA JUGA: Faktor Utama Bhayangkara FC Moncer di Liga 1 2018

Jika melihat performa tim yang tak kunjung membaik hingga harus puasa kemenangan di lima laga terakhir, harapan besar itu kian sulit terwujud.

Namun, PSM bukanlah tim yang mudah menyerah. Akan terus berjuang hingga titik darah penghabisan. Secara peluang, memang sangat kecil tetapi tidak mustahil dicapai. Menolak menyerah.

BACA JUGA: Sriwijaya FC vs Persebaya: Matikan 3 Bintang Tuan Rumah

Apalagi selisih poin hanya enam dari pemuncak klasemen dengan 13 laga sisa. Hitung-hitungan PSM masih bisa mengungguli Persib di papan atas.

Dengan catatan Pasukan Robert Alberts tak boleh lagi menyia-nyiakan kesempatan. Tak boleh lagi seri apalagi kalah. Jika hal itu terwujud, maka Ferdinand Sinaga hanya bakal selisih tiga poin lagi dari Persib dan berharap Persib akan terpeleset. Kalah.

BACA JUGA: Persela Kehilangan 3 Bintang Lawan Bhayangkara FC

Sebab, klub asuhan Mario Gomes itu juga bakal bertandang di Stadion Andi Mattalatta pada pekan ke-27 Liga 1.

Tak hanya pemuncak klasemen Persib, Bali United dan Persija juga bakal bertandang ke Makassar. Kondisi ini akan memangkas jarak poin sekaligus bisa menyalip Persija.

Yang cukup dikhawatirkan adalah melawan Madura dan Bhayangkara. Pasukan Robert Alberts betindak sebagai tim tamu. Apalagi Madura dan Bhayangkara saat ini masih berstatus tim tak terkalahkan saat bermain di markasnya.

Misi yang cukup sulit. Sangat tidak sebanding dengan performa PSM yang hanya meraih satu kemenangan di markas lawan musim ini.

Pelatih PSM, Robert Alberts tahu laga timnya cukup berat ke depan. Namun, ia juga enggan menyerah begitu saja. Ia menilai timnya masih dalam jalur juara melihat pasukannya masih menyisakan laga kandang lebih banyak dari laga away.

Belum lagi beberapa klub papan atas juga bakal berkandang di markasnya. "Kita tahu liga ini tersulit dari liga mana pun. Semua tim di liga ini punya mimpi juara," kata Robert, kemarin.

Dia meminta semua pihak terus bekerja keras. Banyak pekerjaan besar menunggu kita. "Kita harus memenangkan pertandingan tersebut (laga sisa)," sambungnya.

PSM memang memiliki laga kandang lebih banyak dari laga tandang. Namun, keuntungan tersebut bukan PSM saja yang punya. Persib, Madura, Bhayangkara, dan Persija juga demikian.

 

Jawab Tantangan

 

Panglima Laskar Ayam Jantan (LAJ), Uki Nugraha manjelaskan, soal target PSM sudah sangat jauh tertinggal. Banyak yang mengganggap bahwa PSM masih punya peluang karena klub papan atas. Klub kuat akan bertandang ke Makassar.

"Tapi harus dipertanyakan. Mampukah menang dengan keuntungan bermain di kandang. Melawan tim papan bawah sekelas Perseru saja imbang. Makanya harus ada perubahan setelah ini. Setelah itu saya yakin PSM bisa juara," imbuhnya.

Legenda PSM, Syamsuddin Umar menilai tidak ada yang tidak mungkin bagi PSM mengejar kembali peluang juaranya. Meski diakuinya peluang tesebut sudah jauh.

"Jangan patah semangat. Harus terus berusaha. Kuncinya harus fokus dan kelemahan di laga sebelumnya harus sudah dibenahi," harapnya.

Kapten PSM, Zulkifli Syukur menyadari perjuangan timnya musim ini akan sangat berat ke depan. Namun, pemilik nomor punggung 3 ini menegaskan ia dan rekan-rekannya tidak akan mundur selangkah pun. Sampai peluang itu benar-benar tertutup.

"Kami masih tetap yakin juara itu ada di depan kita. Tidak mudah memang tapi kita harus terus berusaha. Tolong support kami," pintanya. (tam/rif-zuk)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sriwijaya FC vs Persebaya: Sama-Sama Terluka, Wajib 3 Angka


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler