PSSI Tolak Langkah Pemerintah

TC U-23 Tunggu Sponsor

Senin, 24 Desember 2012 – 04:24 WIB
Timnas U-23 latihan. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos
JAKARTA - PSSI menolak sikap KONI yang akan mengambil alih Timnas U-23 proyeksi SEA Games 2013. Langkah tim yang menjadi kepanjangan tangan pemerintah itu dinilai melebihi wewenang dari PSSI sebagai federasi yang sudah disahkan FIFA.
 
Komite Adhoc Timnas Sihar Sitorus menegaskan bahwa kendali Timnas sepenuhnya tetap berada di bawah PSSI, sebagai induk olahraga sepak bola. "Pastinya UU sistem keolahragaan Nasional (SKN) bilang urusan bola adalah urusan federasi. KONI dan Task Force bukan federasi, PSSI adalah federasi yang diakui oleh FIFA," ujarnya, Minggu (23/12).
 
Dengan diterimanya road map PSSI oleh FIFA, Sihar menyebut sudah cukup untuk memastikan bahwa PSSI yang paling berwenang. Jika KONI dan task force berusaha mengambil alih, maka Sihar menyebut itu sebagai langkah mebarak aturan yang dibuat sendiri oleh pemerintah dan tidak menghormati FIFA.
 
Karena itu, sampai saat ini, Timnas U-23 masih berstatus dilatih oleh Aji Santoso yang sudah dikontrak sejak awal 2012 lalu. Mengenai pelatih yang akan menangani Tim SEA Games, Sihar belum bisa memastikan.
 
"Kami masih akan melakukan rapat lagi, membahas perlu atau tidaknya melakukan pergantian pelatih. Tergantung targetnya bagaimana," tuturnya.
 
Karena belum pasti itu, rencana pemusatan latihan Timnas untuk SEA Games 2013 Myanmar juga belum dipersiapkan. Bahkan, rencana jangka panjang untuk TC di kota Barcelona, Spanyol, masih belum jelas sampai sekarang.
 
Padahal, rencana awal Timnas akan mulai melakoni pemusatan latihan taau training center (TC) di Barcelona, Spanyol, mulai akhir Januari nanti. Mereka akan berada di negeri Matador sampai Oktober mendatang agar tim benar-benar siap untuk meraih medali emas SEA Games.
 
"Untuk itu kami masih menunggu sponsor. Jadwalnya memang Januari, tapi anggaran masih belum tersedia," tegasnya.
 
Sementara itu, ketua KONI Tono Suratman saat dikonfirmasi tak kunjung memberikan jawaban. Pesan yang dikirimkan tak dibalas, begitu juga saat dihubungi ponsel Tono tak diangkat meskipun terdengar ada nada sambung. (aam)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tandukan Torres Bawa Chelsea Unggul Sementara

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler