PT SPSL Dukung Pemerintah Tekan Stunting lewat 'GASKEN'

Selasa, 19 Desember 2023 – 18:36 WIB
PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL), subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) ikut berupaya menekan angka stunting bersama anak perusahaannya. Foto: dok Pelindo

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL), subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) ikut berupaya menekan angka stunting bersama anak perusahaannya.

Komitmen itu direalisasikan lewat program Gerakan Anti Stunting, Keluarga Harapan (GASKEN). 

BACA JUGA: Pacu Distribusi Logistik, PT SPSL Kini Jalur Baru Belawan-Pematang Siantar

Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL, Kiki M. Hikmat mengatakan pihaknya tetap fokus pada aktivitas bisnis dan operasional klaster logistic dan hinterland. 

Di sisi lain, SPSL juga berkomitmen menjalankan program TJSL yang secara langsung memengaruhi aspek kehidupan masyarakat. 

BACA JUGA: Edisi Spesial Akhir Tahun, BRI dan Pelindo Gelar Bazar UMKM untuk Indonesia

"Melalui program GASKEN, SPSL berupaya ambil bagian dalam mencegah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak Indonesia, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan,” ujar Kiki, Selasa (19/12).

Kiki menjelaskan program GASKEN dirancang untuk mengakomodasi 100 orang balita di wilayah Jakarta Utara. 

Sebagai bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tahun 2023, SPSL menitikberatkan program kesehatan dengan menyediakan 15 unit timbangan bayi digital, pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan kesehatan, dan paket PMT (Pemberian Makanan Tambahan). 

Kesehatan anak menjadi faktor utama bagi terwujudnya masyarakat yang sehat dan masa depan yang lebih baik. 

SPSL bertekad menyukseskan target Pemerintah dalam menurunkan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada 2024.

"Kami berharap melalui semangat kolaborasi, sedapat mungkin kita mampu mensukseskan percepatan penurunan stunting nasional,” kata dia. 

Adapun program GASKEN yang diinisiasi SPSL sejalan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), terutama pada tujuan ketiga yaitu kesehatan yang baik dan kesejahteraan (good health and well being).

Program ini diarahkan untuk memberikan layanan kesehatan kepada balita, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan stunting dan pneumonia, serta meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak.

"Juga dalam upaya menunjang tujuan pembangunan berkelanjutan, SPSL secara konsisten melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang kesehatan sebagai bagian dari upaya mempercepat kesejahteraan masyarakat," kata Kiki.

Lurah Kelurahan Rawa Badak Utara, Nani menyambut baik langkah SPSL Group dalam program TJSL GASKEN. 

Dia menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi yang dinilai sangat bermanfaat mendukung program Pemerintah dalam menurunkan angka stunting.

Terlebih lagi, kegiatan ini dilakukan seiring dengan peringatan Hari Ibu ke-95.

Dia berharap melalui kegiatan ini, negara dapat menjadi lebih kuat dan maju berkat peran ibu-ibu yang melahirkan generasi penerus bangsa.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada SPSL Group atas kontribusi menurunkan angka stunting di Indonesia. Timbangan yang diberikan akan kami distribusikan ke posyandu di Kelurahan Rawa Badak Utara," kata Nani.(mcr10/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
SPSL   Pelindo   stunting   TJSL   Posyandu  

Terpopuler