Puan Ingin PAN Segera Tinggalkan Koalisi Pemerintahan Jokowi

Selasa, 14 Agustus 2018 – 16:27 WIB
Menko PMK Puan Maharani. Foto: dokumen JPNN/M Fathra

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyatakan, Partai Amanat Nasional (PAN) secara etika semestinya keluar dari koalisi pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, partai pimpinan Zulkifli Hasan itu sebaiknya segera menarik kadernya dari Kabinet Kerja karena memilih mengusung Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Kalau melihat secara etika, apa pun, PAN sudah menyatakan mendukung capres cawapres berbeda dengan yang ada di pemerintahan sampai 2019," ucap Puan kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/8).

BACA JUGA: Dalam 1 x 24 Jam, PAN Diminta Tarik Asman Abnur dari Kabinet

Saat ini PAN memiliki kader di Kabinet Kerja. Yakni Asman Abnur yang duduk sebagai menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (MenPAN-RB).

Puan menilai partai pendukung pemerintahan saat ini yang tak ikut mengusung Jokowi di Pilpres 2019 berarti berada di pihak seberang. Oleh karena itu Puan mengharapkan PAN menarik Asman dari Kabinet Kerja.

BACA JUGA: PAN Pengin Banget Zulhas Pimpin Timses Prabowo - Sandi

"Bahwa yang tidak mendukung pemerintahan sekarang dan capres cawapres yang notabene presiden sampai 2019, ya mengundurkan diri atau keluar dari koalisi yang ada sekarang," kata Puan.

Apakah pernyataan Puan itu karena ada desakan dari koalisi pengusung Jokowi di Pilpres 2019? Menteri koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan itu menegaskan, untuk urusan reshuffle menjadi kewenangan Presiden Jokowi.

BACA JUGA: Asman Abnur Tinggal Menghitung Hari Menjabat MenPAN-RB

“Itu kan hak prerogatif presiden. Saya belum dengar sama sekali," tambahnya.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Segera Copot Asman Abnur setelah PAN Dukung Prabowo


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler