Puan Maharani Dukung Pemekaran Papua Begini Alasannya

Jumat, 08 April 2022 – 15:04 WIB
Dokumentasi - Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menilai pembentukan tiga provinsi baru di Papua akan berimbas positif terhadap pemerataan ekonomi di Bumi Cenderawasih.

Puan mengatakan itu setelah Badan Legislasi (Baleg) DPR RI mengharmonisasi tiga Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua pada Rabu (6/4) kemarin.

BACA JUGA: KKB Kalenak Murib yang Bakar 14 Rumah Warga

"Bisa mempercepat pemerataan pembangunan di Papua dan untuk melayani masyarakat Papua lebih baik lagi,” kata Puan dalam keterangan persnya, Jumat (8/4).

Legislator Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) itu menyebut pemekaran provinsi baru menyusul diharmonisasinya tiga RUU tentang Pembentukan DOB di bisa mengangkat harkat rakyat Papua.

BACA JUGA: Puan Ingatkan DK OJK Terpilih Lindungi Masyarakat dari Investasi Ilegal

“RUU yang mengatur pemekaran tiga wilayah baru ini juga sebagai upaya untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Papua,” ucap cucu Proklamator RI Soekarno itu.

Namun, Puan mengingatkan pembahasan tiga RUU tentang pembentukan DOB harus memperhatikan kebutuhan dan aspirasi rakyat di Papua.

BACA JUGA: Hillary Lasut Langsung Bantah Kabar Dirinya Tertangkap Nyabu

Baleg DPR sebelumnya telah menyelesaikan harmonisasi tiga RUU tentang pembentukan DOB di Papua pada Rabu (6/4) kemarin.

Adapun, ketiganya yaitu RUU Pembentukan Provinsi Papua Selatan, RUU Pembentukan Provinsi Papua Tengah, dan RUU Pembentukan Provinsi Pegunungan Tengah.

"Baru selesai harmonisasi di Baleg yang selanjutnya diserahkan ke komisi dua," kata Wakil Ketua Baleg Achmad Baidowi atau Awiek saat dihubungi pada Kamis (7/4).

Seluruh fraksi menyetujui harmonisasi tiga RUU tentang Pembentukan DOB di Papua tersebut.

Dalam harmonisasi muncul pula nama untuk Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Pegunungan Tengah.

Papua Selatan dinamai Meepago dengan ibu kota Timika, Kabupaten Mimika. Provinsi ini meliputi Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Deyiai, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Puncak.

BACA JUGA: Ribuan Mahasiswa di Kaltim Bergerak, Tolak Jokowi Tiga Periode

Papua Tengah dinamai Lapago dengan ibu kota di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Wilayah provinsi itu mencakup Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Memberamo Tengah, Kabupaten Nduga, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Yahukimo, dan Kabupaten Yalimo.

Berikutnya, Papua Selatan bakal bernama Ha Anim dengan ibu kota di Merauke. Provinsi itu meliputi Merauke, Kabupaten Mappi, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Boven Digoel. (ast/fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KKB Hanya Mampu Bertempur 1 Jam, Kabur Menyeberang Kali, Bravo TNI-Polri!


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler