Puan soal Pilkada Jateng 2024, PDIP Bisa Usung Pacul dan Mungkin Dukung Ahmad Luthfi

Selasa, 25 Juni 2024 – 14:25 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. Foto: Aristo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut parpolnya masih melakukan pemetaan dan belum memiliki satu sosok yang akan diusung pada Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.

"Masih juga kami lihat dahulu wilayahnya," kata Puan menjawab pertanyaan awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6).

BACA JUGA: Masuk Bursa Pilkada Jateng, Bambang Pacul Sebut Nama Megawati

Ketua DPR RI itu kemudian menerima pertanyaan awak media soal kemungkinan PDI Perjuangan bakal mengusung kader internal Bambang Wuryanto atau Pacul untuk Pilkada Jateng 2024.

"Bisa," kata Puan singkat menjawab awak media.

BACA JUGA: Soal Jagoan PDIP di Pilkada Jateng 2024, Ganjar Berkata Begini

Cucu Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno itu selanjutnya menerima kembali pertanyaan awak media soal kemungkinan PDI Perjuangan mengusung Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi untuk kontestasi politik provinsi yang sama.

"Mungkin," ujarnya menjawab awak media.

BACA JUGA: Kapolri Turunkan Propam, Irwasum, dan Bareskrim untuk Asistensi Kasus Vina Cirebon

Dia hanya menekankan semua nama bagi PDI Perjuangan masih sebatas berkembang di publik dan parpol berkelir merah akan menimbang semua.

"Itu nama-nama yang berkembang, itu semuanya kami pertimbangkan, semuanya menarik," ujar Puan.

Sebelumnya, Pacul saat ditanya awak media tentang kemungkinan PDI Perjuangan mengusung kader internal pada Pilkada Jateng belum bisa berbicara banyak.

Ketua Komisi III DPR RI itu mengaku parpolnya saat ini dalam taraf mengumpulkan data dan informasi sebelum mengusung sosok pada Pilkada Jateng 2024.

Menurutnya, data dan informasi akan disampaikan DPD partai kepada Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Nantinya, lanjut Pacul, Megawati yang memiliki kewenangan menentukan figur untuk diusung PDI Perjuangan pada Pilkada Jateng 2024.

"Semua evaluasi tentu kami sampaikan baik yang di lapangan terjadi komunikasi-komunikasi informal maupun dark hasil survei, bahwa keputusan sudah pasti di Jateng di tangan Ibu Ketum," kata Pacul, Kamis (20/6).

Dia kemudian menerima pertanyaan awak media soal kemungkinan Ketua Bappilu PDI Perjuangan itu akan diusung partai untuk Pilkada Jateng 2024.

Pacul menjawab isu demikian dengan mengungkapkan status PDI Perjuangan yang menang pada Pemilu 2024 di Jawa Tengah.

Menurutnya, kemenangan diperokeh ketika alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menjabat Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng.

"Saya Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng yang hari ini, itu boleh dibilang, kan, mesti suara kami turun, tetapi masih nomor satu, masih pemenang, dong, jumlah kursi masih nomor satu," lanjut Pacul.

Pacul kemudian turut ditanya awak media soal kemungkinan PDI Perjuangan mengusung figur eksternal seperti Kapolda Ahmad Luthfi pada Pilkada Jateng 2024.

"Itu keputusannya di pusat bahwa data tentu kami masukkan survei tentu kami masukkan," kata dia. (ast/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Remaja Putri Ini Sangat Berani, Gagalkan Aksi Polisi Gadungan, Kejar-kejaran Pakai Motor


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler