Puasa Perdana, PNS Banyak yang Molor

Kamis, 11 Juli 2013 – 07:48 WIB
MATARAM-Disiplin pegawai di lingkungan Pemkot Mataram memang perlu diragukan. Pada hari pertama kerja di bulan puasa, Rabu (10/7), sekretariat daerah tampak sepi.

Sesuai jadwal, mestinya para pegawai sudah masuk kantor pukul 08.00. Namun, hingga pukul 09.00 suasana masih lengang. Area parkir yang biasanya penuh, telihat longgar. Bahkan kendaraan dinas pejabat teras tidak terlihat, mulai dari wali kota, wakil wali kota hingga sekda Kota Mataram.

Hanya beberapa pegawai yang masuk tepat waktu. Sementara sebagian besar pegawai molor hingga pukul 09.15. Praktis tidak ada kegiatan apa pun di sejumlah ruangan. Baru sekitar pukul 09.40 ruangan kerja terlihat hidup. Kemudian pada pukul 11.00, para pegawai berhamburan pulang. Mereka pulang tepat waktu, sesuai jadwal yang telah ditetapkan untuk hari pertama masuk jam 08.00 dan pulang jam 11.00.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mataram, Hj Evi Ganevia menjelaskan untuk hari pertama jadwal kerja memang masuk jam 08.00 dan pulang jam 11.00. Untuk hari selanjutnya, jam pulang tetap seperti biasa.

Mengenai banyaknya pegawai yang tidak masuk, diserahkan sepenuhnya kepada kepala dinas di masing-masing instansi. BKD hanya mengurus pegawai di lingkupnya saja. ”Kita serahkan ke masing-masing kepala dinas, mereka punya absensi sendiri,” katanya.

Penilaian kinerja sepenuhnya diserahkan kepada kepala dinas masing-masing, sebab mereka yang lebih memahami kinerja bawahannya. Termasuk memberikan sanksi atas ketidak hadiran di hari pertama puasa ini. Meski demikian, laporan kinerja itu nantinya juga akan masuk ke BKD sebagai laporan.

Sementara itu, Sekda Kota Mataram HL Makmur Said mengklaim hari pertama puasa, suasana kerja berjalan normal. Kalaupun ada beberapa pegawai yang telat masuk, menurutnya masih bisa dimaklumi. ”Semuanya normal kok,” tandasnya. (cr-ili)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pamit Sekolah, Bocah SD Sebulan Tak Pulang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler