Pucak Arus Balik ke Batam Diperkirakan Hari Ini

Selasa, 19 Juni 2018 – 03:03 WIB
Puncak arus balik penumpang pascalebaran memadati dermaga kedatangan Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam, Kepri, Minggu (2/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

jpnn.com, BATAM - Ribuan pemudik mulai kembali ke Batam, Kepulauan Riau. Seperti yang terjadi di Pelabuhan Domestik Sekupang.

Puncak arus balik diperkirakan terjadi hari ini seiring berakhirnya masa cuti bersama.

BACA JUGA: Arus Balik: Tol Fungsional Trans Jawa Dibuka

Humas KPLP Batam, Erik Mario menungkapkan lonjakan penumpang arus balik sudah mulai terlihat, Minggu (17/6).

Berdasarkan jumlah manifest penumpang jumlah penumpang yang turun atau tiba di Batam mencapai 3.467 orang, sedangkan yang berangkat kembali normal sekitar seribu orang.

BACA JUGA: Arus Balik H+3, Tol Gandulan Padat

"Sudah mulai ada lonjakan arus balik," kata Erik, Senin (18/6). Dia menjelaskan seiring mendekati wakti masuk kerja pascacuti lebaran, pemudik mulai berangsur kembali ke Batam. Dia menyebutkan arus mudik ini berlangsung hampir di semua pelabuhan domestik yang ada di Batam.

"Besok puncaknya karena Rabu sudah mulai kerja baik PNS maupun swasta," sebutnya.

BACA JUGA: Truk Sumbu Tiga Dilarang Lewati Tol Jakarta - Cikampek

Untuk lonjakan arus balik dia memperkirakan jumlahnya bisa mencapai enam ribu orang lebih. Kondisi ini sama saat puncak arus balik H min tiga sebelum lebaran.

"Perkiraan sementara segitulah. Bisa saja lebih pas puncak ini," ungkapnya.

Erik mengatakan untuk arus balik semua berjalan lancar. Jumlah penumpang yang turun maupun naik sesuai dengan kapsitas kapal atau tidak kelebihan penumpang.

"Ya ini sangat penting dan kami wanti-wanti. Jangan sampai ada kelebihan karena itu membahayakan penumpang," jelasnya.

Kelebihan penumpang ini bisa membuat terjadinya kecelakaan kapal. Untuk itu pihaknya selalu melakukan pengecekan sebelum kapal berangkat. "Kadang semua nak cepat saja. Sehingga terjadilah kelebihan penumpang akibat disisip-sisip," ujarnya.

Selain hal itu, pihaknya juga terus memantau keadaan cuaca sebelum kapal berangkat. Hingga saat ini semua masih aman termasuk jarak pandang kapal. "Kemarin memang terjadi hujan lebat, namun hal itu tidak membuag pelayaran terganggu," imbuh Erik.

Lonjakan penumpang di Pelabuhan Telagapunggur baru terjadi di hari kedua (16/6) lebaran. Penumpang yang berangkat 16 Juni sebanyak 6.493 orang, sedangkan datang 4.739 orang. Menurut Syahbandar Pelabuhan Telagapunggur, Komaruddin di hari biasa penumpang yang lalu lalang hanya sekitar 1.600 orang.

"Tanggal 17 itu, berangkat 6.377 dan datang 7.481 orang," katanya, Senin (18/6).

Ia mengatakan jumlah penumpang yang berangkat dan datang di Senin (18/6) ini, tak jauh beda dengan hari sebelumnya. Lonjakan penumpang mulai hari kedua lebaran ini, menurut Komaruddin sudah menjadi hal yang lumrah.

"Biasanya memang seperti ini, sebelum hari H lebaran normal-normal saja," ucapnya.

Menurut Komaruddin penyebab lonjakan penumpang ini, karena masyarakat Pulau Batam memanfaatkan momen libur lebaran untuk berekreasi ke Pulau Bintan.

Dan sebaliknya masyarakat Pulau Bintan datang ke Pulau Batam, untuk menghabiskan waktu liburnya untuk bertamasya, seperti berkunjung ke beberapa Mal dan destinasi wisata.

"Sejauh ini tidak ada kendala. Semuanya berjalan lancar tanpa ada hambatan," tuturnya.

Untuk dapat mengakomodir lonjakan penumpang, Komaruddin menuturkan pihak pengelola kapal menerapkan sistim penuh berangkat.

"Jadi penumpang penuh, langsung berangkat. Enggak menunggu-menunggu lama lagi," ungkapnya.

Walaupun lebaran, Komaruddin mengatakan pihaknya tidak menurunkan standar pelayanan. Pihaknya tetap memberikan pelayanan terbaik serta meningkatkan keamanan bagi masyarakat yang berlalu lalang melalui Pelabuhan Domestik Telagapunggur.

Sementara itu, warga yang ditemui Batam Pos di Pelabuhan Telaga Punggur, Efendi menuturkan sudah menjadi tradisi baginya saat lebaran berangkat menuju ke Bintan.

"Tidak mungkin saya hanya di Batam saja, soalnya ada saudara kandung di Tanjungpinang. Wajib bagi saya ke sana," ungkapnya.

Dia menuturkan alasan baru ke Tanjungpinang di hari ke empat lebaran, karena ramainya tamu ke rumahnya sejak hari pertama lebaran. "Sekarang sudah tak ada lagi. Makanya baru kesampaian hari ini, lagian libur masih panjang," ucap pria asal Kijang tersebut.

Dari pantauan Batam Pos penumpang yang memasuki Pelabuhan Telagapunggur lebih tertib dibandingkan tahun lalu. Sistem tiketing menjadikan penumpang masuk lebih tertata.

Sistem ini tidak memperbolehkan penumpang membeli tiket saat sudah berada di dalam kapal. Karena calon penumpang belum memiliki tiket serta pas masuk, tidak diizinkan masuk hingga ke dermaga, apalagi ke dalam kapal.(gie/she/ska/yui)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Titik Kepadatan yang Harus Diwaspadai Saat Arus Balik


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Arus Balik   Batam  

Terpopuler