Pulang, Lagu Sarat Makna dari Matter Mos

Sabtu, 24 Februari 2024 – 18:18 WIB
Penyanyi Matter Mos. Foto: Dok. Creathink Publicist

jpnn.com, JAKARTA - Penyanyi Matter Mos melepas karya terbaru yang berjudul 'Pulang (Apa yang Kau Cari)' pada 23 Februari 2024.

Lagu tersebut diproduseri Matter Mos bersama Dipha Barus serta dirilis oleh Pon Your Tone.

BACA JUGA: Balas Hate Comment, Stand Atlantic Rilis Lagu Warz0ne

Pulang (Apa yang Kau Cari) menandakan kembalinya pria bernama asli Fadhil itu ke karier solo setelah beberapa tahun terakhir terlibat kolaborasi dan proyek bersama Punokawan, Gold Plate Pipers dan SpydeeMatter.

"Ini lagu yang menggambarkan pulang dari beberapa aspek. Ada beberapa makna yang gue harap bisa didapatkan orang, entah itu pulang ke dirinya sendiri atau pulang ke rumah," kata Matter Mos, Jumat (23/2).

BACA JUGA: Rilis Album Nusantara, Bintang Indrianto Kolaborasi dengan Atiek CB

Menurut Matter Mos, masing-masing bait dalam Pulang (Apa yang Kau Cari) menjabarkan konsep pulang sebagai konflik batin, hubungan dengan tuhan, proses sebagai seniman serta konsekuensi pilihan hidup.

"Jadi apa pun yang dianggap rumah, ya itulah rumah buat lu," tambahnya.

BACA JUGA: PREP Berkolaborasi dengan Phum Viphurit dalam Lagu Getaway

Ada dua inspirasi utama di balik Pulang (Apa yang Kau Cari) yang liriknya ditulis Matter Mos setelah diskusi dengan sahabatnya, Resha Savero.

Pertama yakni percakapan dengan kakaknya ketika Matter Mos memutuskan pindah ke Bali untuk berkarya dan berkontemplasi selama enam bulan di masa pandemi.

Inspirasi kedua yakni, 4.21, sebuah tembang karya Jason Ranti yang diproduseri Fajar Merah.

Karena lagu tersebut cuma tersedia di YouTube, maka Matter Mos pertama kali menyimaknya dalam bentuk video klip yang menggambarkan perjalanan Farid Stevy saat berziarah bersama ayah dan putrinya ke makam almarhum kakeknya yang baru ditemukan setelah puluhan tahun.

"Rasanya filosofis banget bisa berbincang sama orang yang hidupnya adalah seni. Enggak ada yang berani setelanjang itu di musik, dan itu salah satu faktor terbesar yang bikin gue cinta mati sama ini orang,” bebernya.

Tema Pulang (Apa yang Kau Cari) juga dirangkum dalam foto sampul karya Raka Syahreza yang menampilkan Matter Mos sedang duduk sebelah cermin di bak truk yang melenggang di Jl. Raya Kalimalang, Jakarta Timur.

Pulang (Apa yang Kau Cari) juga menandakan pulangnya Matter Mos ke Pon Your Tone, label rekaman yang sempat menjadi rumahnya hingga memutuskan keluar di awal 2020 untuk mengerjakan Pronoia, album solo perdana yang dirilis pada 2021, secara mandiri. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler