Puncak Arus Balik Lebaran, Menhub Budi: Terkendali dengan Baik

Selasa, 02 Mei 2023 – 00:40 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tidak ada kepadatan pada puncak arus balik lebaran Idulfitri. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tidak ada kepadatan pada puncak arus balik H+8 pada lebaran Idulfitri, Senin (1/5).

Dia mengatakan arus puncak arus balik kedua itu terpantau ramai lancar dan terkendali.

BACA JUGA: Puncak Arus Balik Penyeberangan Lancar, ASDP Sampaikan Apresiasi untuk Para Stakeholder

"Arus balik masih terkendali dengan baik dengan adanya contra flow serta one way. Kondisi di jalan relatif landai," ujar Menhub Budi dalam siaran persnya, Senin.

Sebelumnya, Menhub sempat memantau pergerakan kendaraan yang melewati jalur tol maupun arteri dari Jakarta hingga Cirebon melalui udara .

BACA JUGA: Kemenhub Hadirkan Program Arus Balik Mudik Gratis untuk Para Santri di Pulau Sapudi Sumenep

Selain itu, juga memimpin rapat terkait operasional pengendalian lalu lintas di Kantor Jasa Marga, Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70.

"Sekalipun terjadi kenaikan pemudik yang tinggi, kecepatan kendaraan saat ini lebih baik dibanding tahun lalu," ungkap Menhub.

BACA JUGA: Menhub Budi: Arus Balik 2023 Berjalan Baik

Berdasarkan data Jasa Marga, kecepatan rata-rata pada jalur Cawang sampai Semarang (KM 3-KM 414) pada arus mudik 2023 adalah 72,8 km/jam lebih cepat 15,9 persen dibanding arus mudik 2022 yang hanya 62,8 km/jam.

Dari sisi waktu tempuh, pada arus mudik 2023 ini menjadi hanya 6 jam 4 menit (tanpa berhenti) atau lebih cepat 14 persen terhadap rata-rata arus mudik 2022, yakni 7 jam 2 menit.

Sementara, kecepatan rata-rata arus balik di jalur Semarang sampai Cawang (KM 414-KM 3) pada 22 April hingga 30 April 2023, yakni 77,81 km/jam atau lebih cepat 15,2 persen dibanding rata-rata arus balik 2022, yaitu 67,54 km/jam.

Waktu tempuh rata-rata dari Semarang hingga Cawang pada periode arus balik menjadi hanya 5 jam 49 menit (tanpa berhenti), lebih cepat 118 persen dibanding rata-rata arus balik 2022 yang mencapai 7 jam 7 menit.

"Kami masih lakukan pemantauan hingga nanti malam dan besok," ujar Menhub

Lebih lanjut, dia menyampaikan pengendalian pergerakan kendaraan yang jauh lebih baik dibanding 2022 lantaran evaluasi dan upaya perbaikan yang terus dilakukan pada mudik sebelumnya.

Adapun, dua lokasi krusial yang mendapat perbaikan utama, yaitu kawasan Merak dan Cipularang.

"Kami tambah pelabuhan, kami tambah kapal, perbaiki jalan masuk menjadi lebih besar, perbaiki rest area menjadi lebih besar," ujar Menhub Budi. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Arus Balik Lebaran, Ratusan Ribu Kendaraan Menuju Jakarta


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler