Puncak HUT ke-35, FIFGROUP Tingkatkan Pemahaman Keselamatan Berkendara Lewat Cara Asyik

Rabu, 29 Mei 2024 – 17:32 WIB
Director in Charge (DIC) Environment, Health, Safety, and Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head FIFGROUP Esther Sri Harjati sedang menjajal dart games yang ada di booth FIFGROUP Aman Berlalu Lintas (FABL). Foto: Dokumentasi FIFGROUP

jpnn.com, JAKARTA - PT Federal International Finance (FIFGROUP) sebagai perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor merek Honda turut memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan pemahaman berkendara bagi masyarakat.

Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini menghadirkan aktivitas seru dan menarik melalui aktivasi booth FIFGROUP Aman Berlalu Lintas (FABL).

BACA JUGA: Moxa Hadir di FIF Group 35th Localicious, Banyak Gim Menarik

Kegiatan ini diselenggarakan pada acara FIFGROUP 35TH LOCALICIOUS pada 23-26 Mei 2024 lalu.

Environment, Health, Safety, and Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head FIFGROUP Charles DW Simaremare menyampaikan perusahaan memberikan perhatian khusus bagi keselamatan berkendara mengingat angka tren kecelakaan terus naik.

BACA JUGA: Laba Bersih FIFGroup Capai Rp 30 Triliun di Kuartal III 2023, Meningkat 30,9 Persen

Data Pusat Informasi Kriminal Nasional (Pusiknas) Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim) Polri tercatat terjadi 155 ribu kecelakaan pada tahun 2023.

"Terjadi tren peningkatan angka kecelakaan, di mana hingga akhir 2023 telah mencapai 155 ribu kasus menurut Pusiknas Bareskrim, dan 94,7 persen di antaranya disebabkan oleh human error dengan 73 persen terjadi pada pengguna sepeda motor,” kata Charles.

BACA JUGA: Jadi Sponsor Platinum, FIFGROUP Tawarkan Berbagai Promo Spesial Selama di IMOS+ 2023

Lebih lanjut Charles menyampaikan kegiatan ini dihadirkan sebagai dukungan perusahaan untuk dapat meningkatkan pemahaman masyarakat sehingga diharapkan dapat mengurangi kecelakaan.

Untuk meningkatkan pemahaman tersebut, di booth FABL, masyarakat akan diedukasi dengan cara yang asyik dan menyenangkan melalui program kuis berhadiah.

Sebelum mengikuti program tersebut, peserta akan diminta untuk mengisi pre-test yang ditujukan untuk menguji pemahaman awal peserta.

Selanjutnya, sebelum memasuki program kuis, peserta akan diminta untuk menyaksikan dan mempelajari konten dari sebuah video edukasi yang ditampilkan kepada peserta.

Mengacu kepada materi yang ditampilkan di dalam video tersebut, pengetahuan peserta akan kembali diuji dengan permainan kuis berhadiah.

Pada setiap pertanyaan, peserta akan mendapatkan penjelasan mengenai informasi aman berlalu lintas dari setiap pertanyaan dan jawaban yang ada pada kuis tersebut.

Dengan demikian, peserta mendapatkan edukasi yang lebih mudah untuk dipahami dan menyenangkan melalui aktivitas tersebut.

Charles mengatakan kegiatan ini mendapatkan respons dan antusiasme positif dari masyarakat, total sebanyak 1.193 visitors berhasil terkumpul selama 4 hari penyelenggaraan program FABL tersebut serta terjadi peningkatan awareness yang dibuktikan dari adanya peningkatan nilai pre-test dengan rata-rata sebesar 74 menjadi 85 pada program kuis yang dilakukan.

”Saya berharap kegiatan ini dapat menginspirasi semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman aman berlalu lintas dengan cara yang lebih menyenangkan serta dapat menekan angka kecelakaan," ujar Charles.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini juga berkesempatan mendapatkan merchandise menarik, seperti helm, jaket, jas hujan, dan beragam hadiah menarik lainnya.

"Permainannya seru, saya juga lebih mudah memahami materi yang disampaikan karena proses penyampaiannya dengan cara yang lebih menyenangkan dan sederhana," kata Siagian, salah satu peserta kegiatan di booth FABL.

Menurut Siagian, kegiatan seperti ini bisa menjadi inspirasi untuk memberikan pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dibandingkan dengan sosialisasi melalui webinar yang menurut penilaiannya terlalu membosankan.

Selain kuis, dalam kegiatan di booth tersebut masyarakat juga bisa menjajal permainan dart games dan puzzle.

Kegiatan ini juga menawarkan beragam hadiah menarik sehingga ini menjadi cara asyik dan seru untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya keamanan dan keselamatan dalam berkendara. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler