Punya Teman Lumpuh, Kemurahan Hati Siswa SMA di Tiongkok Ini Sangat Menyentuh

Selasa, 28 April 2015 – 06:46 WIB
Xie Xu saat menggendong Zhang Chi. Foto: Metro/Facebook

jpnn.com - KEMURAHAN hati pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Tiongkok bernama Xie Xu (18) ini tak perlu diragukan lagi. Selama tiga tahun, Xie saban hari dia menggendong temannya, Zhang Chi untuk berangkat dan pulang sekolah.

Xie tak mau temannya yang menderita kelainan otot sehingga kesulitan berjalan itu ketinggalan satu pelajaran pun. Karenanya, Xie menggendong Zhang yang setahun lebih tua ke sekolah di SMA Daxu di Xuzhou, sebuah wilayah di bagian utara Tiongkok.

BACA JUGA: Indonesia Siapkan Makanan Siap Saji buat Korban Gempa Nepal

 

BACA JUGA: Cewek Inggris Ini Pamer Gaya Hidup dan Makanan Ala ISIS

Xie memang tinggal bersama Zhang di asrama yang dekat dengan sekolah mereka. Karenanya Xie tidak hanya menggendong Zhang saat berangkat maupun pulang sekolah, tapi juga membantu mengerjakan tugas harian, memasak hingga mencuci baju milik Zhang.

Wakil kepala sekolah, Guo Chunxi menyebut kisah Xie dan Zhang itu sangat menginspirasi. "Kisah tentang dua murid itu begitu menginspirasi dan menyentuh," katanya.

BACA JUGA: Indonesia Siapkan Tim SAR, Medis dan Media ke Nepal

 

Padahal, kata Chunxi menjelaskan,  Xie dan Zhang bukanlah saudara. "Tapi Xie telah melakukan itu selama tiga tahun," ujar Chunxi.

Menurutnya, kemurahan hati Xie membawa pengaruh positif bagi siswa lainnya. "Dengan bantuannya (Xie, red), Zhang tak pernah ketinggalan satu kelas pun," ujar Chunxi.(shanghaiist/metro/ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Umur sudah 80 Tahun tapi Masuk Daftar 100 Wanita Terseksi Sedunia, Ini Fotonya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler