Pupuk Kaltim Beri Reward 15 Distributor Ritel Terbaik, Jalan-jalan ke Luar Negeri

Sabtu, 18 Mei 2024 – 03:04 WIB
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mengapresiasi 15 distributor terbaik melalui wisata dalam dan luar negeri selama lima hari, pada 8-12 Mei 2024. Foto dok PKT

jpnn.com, BONTANG - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mengapresiasi 15 distributor terbaik dari regional Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Sumatera dan Nusa Tenggara untuk tahun kinerja 2023.

Apresiasi direalisasikan Pupuk Kaltim melalui wisata dalam dan luar negeri selama lima hari, pada 8-12 Mei 2024.

BACA JUGA: Menjelang Iduladha, Pupuk Kaltim Bekali Peternak Binaan Terkait Pemeliharaan & Kesehatan Hewan

Wisata dalam negeri dilakukan melalui kunjungan para distributor ke Bontang, untuk melihat lebih dekat proses produksi di pabrik Pupuk Kaltim.

Sementara wisata luar negeri yakni Thailand, dengan mengunjungi sejumlah destinasi unggulan di Negeri Gajah Putih tersebut.

BACA JUGA: SASA Kampanyekan #BeYouBeConfident, Percaya Diri tak Perlu Pengakuan Orang Lain

SVP Transformasi Bisnis Pupuk Kaltim Wisnu Ramadhani, menjelaskan apresiasi sengaja diberikan melihat kinerja para distributor selama satu tahun, dengan realisasi penjualan yang signifikan.

Pemasaran komersil Pupuk Kaltim sepanjang 2023 mencatatkan prestasi, dengan kontribusi terbesar dari seluruh perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup.

BACA JUGA: Jajaki Peluang Ekspor, Pupuk Kaltim Siapkan Produk Binaan UMKM

"Hal ini juga perwujudan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) Non Subsidi Ritel antara Pupuk Kaltim bersama para distributor, dengan memberikan apresiasi bagi yang memiliki kinerja terbaik sepanjang 2023," tutur Wisnu Ramadhani, Selasa (14/5).

Pupuk Kaltim terus mendorong penjualan produk ritel non subsidi semakin bertumbuh melalui kerja sama intensif bersama para distributor.

Didukung sisi pelayanan yang juga dioptimalkan agar loyalitas pelanggan turut meningkat, sehingga kinerja penjualan Pupuk Kaltim bisa terus dipacu.

Tercatat, selama 2023 Pupuk Kaltim mampu meningkatkan kinerja penjualan mencapai 2.042.837 MT untuk Urea, disusul Amoniak sebesar 802.737 MT dan NPK sebanyak 2.496 MT.

Prestasi itu pun didukung berbagai pengembangan inovasi seperti peningkatan loading rate, perbaikan serta peningkatan kapasitas dermaga yang beroperasi selama 24 jam, hingga pemilihan agen sesuai kebutuhan buyer dan penyediaan fasilitas cherry picker.

"Maka dengan rewarding, distributor dapat semakin termotivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitas penjualan produk Pupuk Kaltim di tahun berikutnya," terang Wisnu.

Menurut Wisnu, distributor merupakan faktor penting terhadap penjualan Pupuk Kaltim dalam mendorong kinerja sektor komersil di tiap daerah.

Selain itu, perusahaan secara berkala juga menyediakan wadah untuk sarana bertukar pikiran dan menyampaikan aspirasi sebagai bahan evaluasi bersama distributor, sehingga pelayanan Pupuk Kaltim maupun Pupuk Indonesia Grup dapat terus ditingkatkan dengan kinerja terbaik.

Dari hal tersebut, ketahanan pangan bisa terus terjaga seiring komitmen pelayanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan pupuk di tiap wilayah distribusi perusahaan.

"Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus meningkatkan sinergi dengan distributor, tentunya dengan pelayanan yang juga jauh lebih baik kedepannya," tambah Wisnu.

Salah satu distributor yang tahun ini mendapatkan reward yakni Agus Purwanto, dari CV Tunas Sawit Sejahtera menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan Pupuk Kaltim.

Hal ini menjadi motivasi baginya bersama distributor lain untuk terus meningkatkan kinerja dalam mendorong produktivitas penjualan produk ritel hingga konsumen.

"Kami merasa terhormat telah diberikan apresiasi tur wisata ini, termasuk juga diundang ke Bontang melihat langsung proses produksi di Pupuk Kaltim. Adanya reward ini, kami semakin termotivasi untuk meningkatkan kinerja penebusan terhadap produk-produk Pupuk Kaltim di masing-masing wilayah," terang Agus.

Dirinya berharap penghargaan seperti ini bisa terus ditingkatkan Pupuk Kaltim, agar distributor ritel semakin terpacu untuk memaksimalkan potensi penjualan dan pemenuhan target penyaluran pupuk bagi petani, guna mendorong penguatan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan di daerah.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... UNESCO Jadikan Arsip Pabrik Indarung 1 Semen Padang sebagai Memory of The World Asia Pasifik


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler