PYCH Adakan Gebyar Kemerdekaan dari Papua Untuk Indonesia

Sabtu, 19 Agustus 2023 – 00:36 WIB
Kegiatan Gebyar Kemerdekaan yang diadakan PYCH di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Dok: PYCH.

jpnn.com, JAKARTA - Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebagai pusat pengembangan talenta muda binaan Badan Intelijen Negara (BIN) terus melakukan serangkaian agenda positif.

Kali ini, PYCH mengadakan kegiatan Gebyar Kemerdekaan Dari Papua Untuk Indonesia yang dihadiri oleh 1.000 masyarakat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada Jumat (18/8).

BACA JUGA: Grup Musik Anak Coment Bimbingan PYCH Tampil Memukau di Istana Negara

Sekumpulan anak muda itu mengundang para seniman Papua yang berada di Jakarta untuk meramaikan acara tersebut. Terdapat pertunjukan musik, tari dan stand up comedy dari anak muda Papua pada acara itu.

Selain itu, ada bazar UMKM Papua yang khusus menjual kuliner maupun cinderamata khas Papua.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Apresiasi Waibu Agro Edu Tourism Milik PYCH Binaan BIN

"Ini perdana, kami buat kegiatan PYCH bukan di Jayapura, tetapi Jakarta dalam rangka gebyar kemerdekaan kami mengumpulkan para seniman Papua," ujar personel PYCH sekaligus Pendamping Tim Music Anak Coment (M.A.C), Julio Faot.

Julio mengatakan kegiatan itu digelar di Jakarta bertepatan dengan salah satu grup musik asal Papua, M.A.C yang dipanggil untuk mengisi acara di Istana Merdeka pada momen HUT RI.

BACA JUGA: Jokowi Buka Papua Street Carnival, Kolaborasi Kemenparekraf dan PYCH Binaan BIN

"Kemarin karena ada M.A.C yang dipanggil ke Istana Negara dalam rangka 17 Agustus kami mengisi di sana hanya satu lagu. Sehingga, 18 Agustus kami inisiasi untuk kumpul merayakan kemerdekaan di Jakarta, jadi ini momentum yang pas," kata Julio.

Julio mengaku senang atas antusiasme masyarakat yang hadir terutama rekan-rekannya yang berasal dari Papua yang selama ini merantau ke ibu kota.

Dia berharap kegiatan ini bisa memotivasi semangat generasi muda Papua, sekaligus momen temu kangen dengan masyarakat Papua di perantauan.

Julio mendorong generasi muda Papua untuk terus berinovasi dalam menciptakan karya sekaligus dirinya berharap agar kegiatan serupa bisa dilakukan di wilayah lain yang ada di Indonesia dalam memperkenalkan potensi anak Papua di Indonesia.

"Dengan adanya provinsi baru di Papua harusnya anak muda di Papua lebih giat antusias, dan bukan hanya di Papua, ke depannya kami bisa selenggarakan kegiatan seperti ini di Yogyakarta, Sumatera dan di mana pun tempat kami bisa berkumpul," kata Julio.

Sementara, perwakilan personel grup M.A.C, Morde Sawaki merasa senang atas penampilan off air perdananya yang dilakukan di Jakarta.

Mereka bersyukur bisa tampil dalam skala nasional sekaligus bertemu dengan masyarakat Papua yang tinggal di Jakarta.

"Senang karena bisa mewakili Papua. Selain itu, kami bangga sebagai generasi muda Papua kami bisa mengharumkan Papua dan juga Indonesia," ujar Morde Sawaki.

Selain perform dari anak Papua, turut serta hadir YouTuber sekaligus influencer Thariq Halilintar membuat acara tersebut makin meriah.

Pada kesempatan tersebut, Thariq berkolaborasi dengan M.A.C menyanyikan lagu "Cuma Saya", serta menyapa seluruh masyarakat yang hadir.

Tak hanya bernyanyi bersama, Thariq juga mengunjungi bazar UMKM Papua dan membeli beberapa pakaian maupun kuliner khas Papua.

"Acaranya luar biasa, anak muda Papua di sini berkumpul untuk menuangkan kreativitasnya di berbagai sektor seni, keren banget," ujar Thariq. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sandiaga Puji Karya Anak Muda PYCH dan Ajak Masyarakat Sukseskan Papua Street Carnival


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler