QuBisa Selenggarakan Stellar Workplace Award 2022. Lihat nih Daftar Pemenangnya

Kamis, 29 September 2022 – 20:20 WIB
Ajang tahunan Stellar Workplace (SWP) Award 2022 digelar di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Kamis (29/9). Foto: dokumentasi QuBisa

jpnn.com, JAKARTA - Platform belajar online terbaik di Indonesia QuBisa menyelenggarakan ajang tahunan Stellar Workplace (SWP) Award 2022.

Ajang ini digelar secara hybrid dan bisa disaksikan melalui platform QuBisa.

BACA JUGA: QuBisa Menjawab Permasalahan Pendidikan di Daerah Tertinggal

GML Performance Consulting yang merupakan lembaga konsultan independen turut menyukseskan acara ini secara offline melalui kerja sama dengan Kontan.

Untuk offline, ajang penghargaan ini digelar di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Kamis (29/9).

BACA JUGA: Kemenkominfo dan Siber Kreasi Ajarkan Sukses Belajar Online ke Pelajar SMP di Gowa

SWP Award 2022 diberikan kepada perusahaan atau organisasi yang berkomitmen tinggi meningkatkan employee engagement yang didukung dengan pencapaian bisnis yang baik.

Proses seleksi dan penjurian dilakukan melalui survei, analisis employee engagement, dan performa organisasi. Para juri yang terlibat dalam ajang ini terdiri dari para praktisi, akademisi dan media. 

BACA JUGA: Begini Cara Belajar Online dalam Literasi Digital, Tolong Disimak!

Mereka adalah Lianawaty Suwono, Human Capital & Compliance Director PT Bank Central Asia Tbk.; Irvandi Ferizal, Human Capital Director PT Bank Maybank Indonesia Tbk.; Tjut Rifameutia Umar Ali, Dekan Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia; Prof. Budi Soetjipto, Ph.D., Wakil Rektor bidang Akademik dan Urusan Kemahasiswaan Universitas Pertamina; Josef Bataona, seorang executive coach; R. Cipta Wahyana, Managing Editor & GM Strategic Management of Kontan; dan Kartika Indradjaja, Head of SWP Project Data Analyst dari GML.

Hadir dalam acara tersebut, Dave Ulrich, seorang pakar sumber daya manusia, peneliti, penulis buku, pembicara, sekaligus profesor di Ross School of Business, University of Michigan, Amerika Serikat. 

Kalangan praktisi HR di seluruh dunia menyebut Ulrich sebagai HR Guru. Selain perwakilan para pemenang, hadir pula dalam ajang penghargaan ini Chairman of Steering Committee Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK) Dr. Yunus Triyonggo, serta perwakilan juri, seperti Prof. Budi Soetjipto, Lianawaty Suwono, dan Cipta Wahyana.

Lianawaty pada acara tersebut juga akan memberikan pemaparan sebagai pemenang penghargaan SWP Award 2021.

Tahun lalu, Lianawaty membawa PT BCA Tbk menyabet penghargaan untuk kategori The Best Stellar Workplace in Innovative Engagement During Pandemic. 

Pada era hybrid seperti sekarang, perusahaan atau organisasi harus mampu menjaga ritme dan motivasi karyawan, baik ketika mereka bekerja dari rumah atau kantor, untuk maju bersama membangun kemampuan kompetitif organisasi. 

Organisasi juga perlu memiliki tenaga kerja yang engaged, ikut berkontribusi bagi kelangsungan hidup dan pertumbuhan organisasi selama era pandemi dan digital. 

Penelitian menunjukkan keterlibatan karyawan memiliki korelasi yang tinggi dengan profit dan kelangsungan bisnis.

Pengelolaan SDM agar mampu mempertahankan, meningkatkan komitmen, kepuasan, sekaligus kualitas kinerja, menjadi tantangan baru. 

Perusahaan dituntut mampu menciptakan daya tarik, daya dorong, dan engagement yang nyata bagi karyawan. 

Daya tarik dan daya dorong ini merupakan fondasi yang membentuk kondisi yang mampu menumbuhkan engagement, sekaligus sikap dan perilaku karyawan yang baik. Kondisi ini biasa disebut Say, Stay, dan Strive.

Say adalah kondisi ketika perusahaan atau organisasi menciptakan daya tarik yang unik dan bermakna sebagai posisi tawar bagi karyawan. 

Ini membuat karyawan secara konsisten mengatakan hal-hal positif mengenai perusahaan kepada rekan kerja. Hal ini tentunya berdampak besar kepada kualitas layanan pelanggan.

Stay adalah kondisi di mana perusahaan atau organisasi memiliki daya tarik bagi karyawan, sehingga mereka mempunyai keinginan yang besar untuk tetap menjadi bagian dari perusahaan atau organisasi. Kondisi ini membuat angka turn-over karyawan menjadi sangat rendah.

Strive adalah kondisi di mana perusahaan mampu menciptakan daya dorong kepada karyawan agar mereka secara proaktif memberikan usaha yang lebih dan menunjukkan perilaku yang berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan.

Untuk mencapai kondisi tersebut perusahaan perlu mengembangkan kerangka acuan yang sistematis, terukur, dan komprehensif dalam mengelola SDM. Konsep Employee Engagement adalah pilihan yang tepat.

Employee Engagement merupakan keterikatan emosional yang meliputi dua dimensi, yaitu Commitment dan Satisfaction.

Dua dimensi ini mampu menumbuhkan gairah, motivasi, serta dorongan proaktif bagi karyawan untuk memberikan yang terbaik pada setiap aktivitas bisnis.

Sedemikian pentingnya employee engagement, tak heran kalau banyak perusahaan atau organisasi yang secara rutin melakukan pengukuran. 

Lewat cara ini, perusahaan atau organisasi memperoleh peta kategori keterikatan emosional karyawan terhadap organisasi. 

Peta ini terbagi dalam empat kategori, yaitu Highly Engaged, Potentially Engaged, Passives, dan Fully Disengaged.

Melalui gambaran ini, perusahaan atau organisasi menentukan langkah-langkah inisiatif maupun intervensi yang tepat sasaran dan bersifat unik secara sektoral maupun organisasional.

Para Pemenang SWP Award 2022

SWP merupakan instrumen untuk mengukur employee engagement. Pada ajang SWP Award 2022, muncul satu nama perusahaan asuransi sebagai pemenang kategori The Best Stellar Workplace in Innovative Engagement Program in Hybrid Era, yaitu PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri).

Perusahaan atau organisasi yang menjadi pemenang penghargaan Stellar Workplace Award 2022 sesuai dengan kategorinya adalah sebagai berikut:

The Best Stellar Workplace Award For Large Employer: PT Nippon Indosari Corpindo Tbk

The Best Stellar Workplace Award For Medium Employer: Lembaga Penjamin Simpanan

The Best Stellar Workplace Award For Small Employer: PT VADS Indonesia

The Best Stellar Workplace in People Digital Readiness: PT FWD Insurance Indonesia

The Best Stellar Workplace in Innovative Engagement Program in Hybrid Era: PT AXA Mandiri Financial Services. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler