Rahasia Mbah Suparni yang Bisa Sehat Sampai Usia 117 Tahun

Rabu, 26 Juli 2017 – 00:47 WIB
Rahasia Mbah Suparni yang Bisa Sehat Sampai Usia 117 Tahun. Foto Tabloid Nyata/JPNN.com

jpnn.com, KULON PROGO - Usia Mbah Suparni memang sudah melebihi satu abad, tepatnya 117 tahun. Namun siapa sangka, nenek dua anak, empat cucu, dan enam cicit ini masih terlihat kuat.

Walaupun aktivitasnya terbilang banyak, selama Tabloid Nyata (Jawa Pos Group) bertandang ke rumahnya di RT 34 RW 18, Pedukuhan Sadang, Kelurahan Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo, tak terlihat Suparni makan besar.

BACA JUGA: Sosok Mbah Suparni, Nenek Berusia 117 Tahun yang Viral

Dia hanya mengonsumsi biskuit yang terlebih dahulu dicelupkan ke dalam teh hangat sebelum dimakan. Wajar, gigi Suparni hanya tinggal satu.

Rahasia Mbah Suparni yang Bisa Sehat Sampai Usia 117 Tahun. Foto Tabloid Nyata/JPNN.com

Suparni mengaku tidak pernah makan terlalu kenyang. "Makan itu merupakan keharusan, namun jangan berlebihan," kata Mbah Suparni kepada Tabloid Nyata.

Menurutnya, dengan makan tak terlalu kenyang menjadi salah satu rahasia yang membuat hidup lebih dari satu abad.

Gaya hidup seperti itu juga membuat Suparni tidak pernah terkena penyakit serius. Hanya sesekali sakit batuk yang biasa diobatinya dengan obat tradisional.

Suparni mengaku pantang meminum obat-obatan kimia. Ia meyakini jika obat-obatan tersebut dapat memberikan efek samping yang akan dibawanya hingga tua.

Supaya tidak gampang sakit, Suparni rajin mengonsumsi jamu yang berasal dari dedaunan, seperti sambiloto.

Ia biasanya membeli jamu di penjual jamu langganannya di Yogyakarta, saat belanja barang dagangan.

Sedangkan, untuk menjaga kualitas matanya, Suparni rutin cuci muka dengan air seduhan daun sirih setiap pagi dan sore.

”Ambil daun sirih enam sampai tujuh lembar, cuci bersih, kemudian seduh dengan air hangat,” ujarnya.

”Setelah dingin, bisa diminum untuk meredakan batuk, cuci muka untuk mempertajam penglihatan, dan sekaligus untuk obat bila sakit mata. Kalau pakai obat mata buatan pabrik pasti nanti ada cirinya (efek samping, red),” imbuh Suparni.

Dari caranya bercerita, siapapun bisa menyimpulkan jika Suparni masih memiliki ingatan yang tajam.

Suparni memiliki cara yang sangat sederhana untuk menjaga kemampuan otaknya, yaitu dengan menghilangkan rasa iri dan dengki dalam hatinya.

”Kalau ada orang yang iri pada tetangga atau temannya yang punya sesuatu, berarti dia temannya setan. Kalau tidak punya, dilarang mengeluh. Kalau diberi rezeki Gusti Allah, jangan lupa berbagi. Jangan menuruti nafsu untuk membeli sesuatu yang kita inginkan, jadi orang itu harus sederhana,” pesannya. (bas/adi/fel/jpnn)


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler