Raih Medali Emas di PON XX Papua, Dua Mahasiswa UWKS Dapat Bonus Gratis Uang Kuliah

Rabu, 13 Oktober 2021 – 12:32 WIB
Rigi dan Raffi yang berhasil meraih medali emas dalam ajang PON XX Papua. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak tiga mahasiswa asal Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) disambut meriah civitas academica kampus setelah berlaga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Selasa (12/10).

Mereka ialah Ananda Rigi Aditya mahasiswa Fakultas Kedokteran dari cabang olahraga (cabor) balap motor, Raffiudin Helmi Fakultas Pertanian cabor in line skating, dan Mochamad Andhy Yusuf Kusnari cabor polo air. 

Dua di antara mereka berhasil meraih medali emas yakni Rigi dan Raffi. Setelah penyambutan keduanya memamerkan keahlian dalam bidang masing-masing. 

Rektor UWKS Widodo Ario Kentjono sangat bangga kepada para atlet yang membawa nama harum kampusnya. Sebagai bentuk apresiasi Rigi dan Raffi mendapatkan pemotongan uang kuliah selama 18 bulan. 

"Mas Rigi dapat beasiswa senilai Rp 90 juta, Mas Rafi Rp 27 juta, dan Mas Yusuf dapat beasiswa CSR," kata Widodo. 

Widodo mengungkapkan sebelum keberangkatan, dia optimistis mahasiswanya akan meraih emas mewakili kontingen Jatim. Sebab, sebelumnya ketiga atlet sudah berprestasi skala nasional hingga internasional. 

"Kami sangat bangga dan bersyukur atas prestasi yang ditorehkan para mahasiswa. Jadi, kami beri berikan kemudahan sampai pendidikan mereka selesai," ujar dia.

Di lokasi yang sama Raffi mengatakan proses mendapatkan medali emas bukan hal yang mudah. Sebab, latihan demi latihan secara rutin selama dua tahun dilakoni meski minim fasilitas di Jatim.

"Kalau di sini yang sulit fasilitasnya, kalau kemarin di Papua ada track yang standar internasional. Di Jatim itu belum ada," ungkap dia. 

Dia juga harus berjuang beradaptasi dengan lintasan baru dengan durasi yang minim. Atlet-atlet yang menjadi lawannya juga hebat-hebat. 

"Penyesuaian track itu minimal satu bulan, pas di Papua cuma dua hari saja. Kalau saingan yang berat itu dari Jakarta, Jabar, dan Kaltim," ucap dia. 

Akhirnya, Raffi memiliki koleksi tiga medali emas yakni dua dari PON XIX Jabar dan satu dari PON XX Papua

Sementara itu Rigi menyampaikan bahwa balap motorcross merupakan cabor baru dalam PON. Pertama kali ikut langsung mengantarkannya sebagai juara mewakili Jatim.

"Saya ikut di 125cc kategori regu dan perorangan, ini emas saya pertama kali juga," tandas Raffi. (mcr12/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA JUGA: Final Bulu Tangkis PON XX Papua: Jawa Barat Menggila, Kirim 5 Wakil


Redaktur : Natalia
Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler