Raja Disambut Raja

Rabu, 04 Juli 2012 – 13:39 WIB

MADRID - Euro 2012 di Polandia-Ukraina berakhir Minggu lalu (1/6). Setelah 24 hari penyelenggaraan dan memainkan 31 pertandingan, Spanyol menahbiskan diri sebagai tim terbaik dengan membombardir gawang Italia empat gol tanpa balas dalam final di Olympic Stadium, Kiev.
 
Gelar La Furia Roja " sebutan Spanyol " pun bertabur rekor baik secara tim maupun individu pelatih dan pemain. Kepulangan rombongan Spanyol ke negerinya Senin siang waktu setempat (2/6) pun disambut antusias tak ubahnya raja. Ya, Iker Casillas cs memang raja lapangan hijau.
 
Sebagai kapten tim, Casillas menjadi orang pertama yang keluar dari pesawat kala rombongan Spanyol mendarat di Bandara Barajas, Madrid. Didampingi pelatih Vicente del Bosque, Casillas memamerkan trofi Henri Delauney kepada ribuan media maupun fans yang telah menanti mereka.
 
"Saya tidak tidur semalaman karena saya tidak sabar menunggu perayaan bersama warga Spanyol yang telah menunggu kami," kata Casillas yang terus memegangi trofi juara selama di pesawat kepada AS.
 
Dengan menaiki bus atap terbuka, Casillas cs melakukan arak-arakan juara mengelilingi Kota Madrid. Sekalipun cuaca sangat panas (26 derajat Celcius), tidak menyurutkan antusiasme ratusan ribu orang turun ke jalanan ibu kota Madrid tersebut. Seperti biasa, perayaan juara berpusat di Plaza de Cibeles.  
 
Arvalo Arbeloa, bek kanan Spanyol yang juga bermain untuk Real Madrid  bahkan sempat turun dari bus untuk menyalami fans. "Saya sulit menggambarkan apa yang tengah kami alami saat ini. Terima kasih banyak". Demikian tulis Cesc Fabregas, "striker palsu" Spanyol, selama parade di Twitter.
 
Sebelum parade keliling kota, Casillas cs lebih dulu dijamu orang nomor satu Spanyol, Raja Juan Carlos, di Istana La Zarzuela. Selain Juan Carlos, hadir pula putra Mahkota Spanyol Pangeran Felipe de Borbon, istrinya Putri Letizia, dan kedua anak mereka, Putri Leonor dan Putri Sofia.
 
Dalam acara yang didominasi warna merah tersebut, Casillas secara simbolis memberikan kostum Spanyol bernomor punggung 1 serta nama "Juan Carlos" plus tanda tangan seluruh pemain kepada sang raja. Hadiah yang membuat raja tampak gembira karena harapannya terkabul.
 
Seperti yang diungkapkan Pangeran Felipe yang menonton langsung final di Kiev, raja memang memiliki keyakinan besar La Furia Roja bakal juara. "Raja mengatakan kepada saya untuk membawa pulang trofi Piala Eropa 2012. Keyakinan ini berdasarkan fakta bahwa tim ini sulit dikalahkan," ungkapnya seperti dilansir Marca.
 
Sementara itu, tiga pemain dari skuad Spanyol di Euro 2012 berpeluang menambah koleksi gelar mereka musim panas ini bersama Spanyol U-23 yang tampil di Olimpiade 2012 London. Ketiganya adalah Jordi Alba, Juan Mata, dan Javi Martinez.
 
 "Saya sudah berbicara dengan ketiga pemain dan saya senang karena mereka bersedia memberikan jatah libur mereka untuk tampil di Olimpiade," kata pelatih Spanyol U-23 Luis Milla.
 
Cabor sepak bola di Olimpiade 2012 diikuti 16 tim dan dipertandingkan dari 26 Juli sampai 11 Agustus nanti. Spanyol tergabung di grup D bersama Jepang, Honduras, dan Maroko. Bersama tuan rumah Inggris Raya dan Brazil, Matador Muda " sebutan Spanyol " merupakan favorit juara. (dns)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Persib Siap Jajal Persiram


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler