Raja Media Rupert Murdoch Digugat Akibat Penyadapan

Rabu, 19 Juni 2013 – 11:39 WIB
CALIFORNIA - Untuk pertama kalinya, raja media Rupert Murdoch digugat di Amerika Serikat terkait penyadapan telepon yang dilakukan kelompok media News Corporation dan anak perusahaannya, News International.

Penyadapan telepon ini sempat menghebohkan Inggris dan menyebabkan penutupan salah satu koran terbitannya, News of The World.

Menurut huffingtonpost (18/6), sang penggugat di California adalah Eunice Huthart, warga asal Liverpool, Inggris. Eunice Huthart biasanya bekerja menjadi stuntman aktris Hollywood, Angelina Jolie.

Huthart mengatakan saat kerja bersama Jolie di Amerika, terjadi penyadapan pesan telepon dari keluarganya dan teman-temannya. Bahkan, dalam beberapa insiden, pesan untuknya justru dihapus.

Akibatnya, Huthart tidak bisa mendapat pesan putrinya yang mendapat intimidasi dari sekolah. Hal ini juga memicu tekanan dalam perkawinannya karena pesan suaminya tidak terbalas akibat aksi penyadapan itu.

Huthart sendiri melaporkan kehilangan sejumlah pesan telepon antara tahun 2004-2005 termasuk dari Jolie ketika sedang bekerja untuk film "Mr and Mrs Smith", yang dibintangi Angelina Jolie dan suaminya Brad Pitt.

Nomor telepon Huthart masuk dalam catatan Glenn Mulcaire, yang dijatuhi hukuman penjara selama enam bulan pada 2007 karena menyadap telepon secara gelap atas permintaan News of the World.

Skandal penyadapan telepon oleh koran milik perusahaan Murdoch yang meluas sampai menyebabkan juru bicara perdana menteri David Cameron mengundurkan diri, yang belakangan turut didakwa kepolisian.

Rupert Murdoch sudah menyampaikan permintaan maaf atas ""kesalahan serius"" yang dilakukan News of the World dalam kasus penyadapan telepon itu. Permintaan maaf disampaikan dalam sebuah iklan satu halaman penuh yang dimuat sejumlah media Inggris.(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gaji ke-13 Cair Juli

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler