Rakernas PDIP, Bu Mega: Kita Bisa Berdiri di Atas Kaki Sendiri!

Sabtu, 30 September 2023 – 08:11 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9). Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri mengatakan partainya telah merancang ulang desain pembangunan pangan di masa depan.

Dia menegaskan melalui desain politik ekonomi, Indonesia harus berdaulat di bidang pangan.

BACA JUGA: Megawati, Ganjar, dan Jokowi Terima Bibit MSP yang Banyak Sejahterakan Petani

Hal itu disampaikan Megawati dalam pidatonya di rapat kerja nasional (Rakernas) IV PDIP, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat, (29/9).

“Setelah melalui beberapa FGD yang diadakan sebelum rakernas ini, PDI Perjuangan telah merancang ulang tentang desain pembangunan pangan masa depan,” ucap Megawati.

BACA JUGA: Megawati Ditemani Sang Putra Prananda Prabowo Hadiri Rakernas IV PDIP

Megawati menuturkan Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna, yang berada di darat maupun di laut.

Oleh sebab itu, kata dia, kebijakan pangan nasional harus mengakar pada komitmen ideologi agar Indonesia dapat berdaulat dan berdiri di atas kaki sendiri.

BACA JUGA: Mobil Bioskop Keliling PDIP Diluncurkan, Bu Mega: Ini untuk Rakyat Indonesia

Dia meyakini cita-cita Indonesia yang berdaulat di bidang pangan dapat terwujud.

Menurut Megawati, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah mendata jumlah flora dan fauna potensial yang dapat menjaga keberlangsungan pangan dalam negeri.

“Mulai terangkat ada 2 juta tanaman yang telah didata dan masih terus untuk dilaksanakan. Oleh sebab itu, makanya kita harus percaya, percaya pada diri kita bahwa kita bisa berdiri di kaki sendiri anak-anak ku,” tutur Megawati.

“Tanpa ragu sedikitpun PDI Perjuangan menyatakan pangan bisa menjadi lambang supremasi kepemimpinan Indonesia bagi dunia,” imbuhnya.

Lebih lanjut Presiden Kelima RI itu menyatakan bahwa PDIP konsisten memprioritaskan kelompok petani dan nelayan dalam sentral kebijakan dalam negeri. Sebab, PDIP memiliki cita-cita menjadikan dua kelompok pekerja di bidang pangan tersebut sebagai tuan di Indonesia.

“Desain politik ekonomi pangan harus menempatkan petani dan nelayan sebagai sentral kebijakam, di sini harus dibangun sebuah keyakinan dan tentunya fokus,” pungkas Megawati. (flo/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler