Rambut Anda Berkutu, Ini Cara Ampuh Membasminya

Kamis, 04 Juni 2015 – 15:33 WIB
Ilustrasi

KUTU rambut adalah permasalahan umum dan sering terdengar saat ini. Berbagai perubahan gaya hidup yang serba dimudahkan oleh bermacam-macam produk adalah sumber datangnya kutu pada rambut. Di Amerika Serikat enam hingga dua belas juta anak-anak mengalami masalah dengan kutu rambut tiap tahunnya.

Adanya kutu kepala membuat penderita sering menggaruk-garuk kepala akibat parasit yang berlindung di kulit kepala menghisap darah. Jika tidak diberi perawatan secepatnya kutu betina akan bertelur sebanyak enam buah sehari yang nantinya akan menetas setelah kurang lebih 8 hari.

Kutu rambut merupakan masalah yang cukup serius, sebab beberapa ahli mengatakan kutu bisa menular ketika penderita berinteraksi dengan kerabat, keluarga dan kekasih dengan terbang dari rambut penderita ke rambut orang yang diajak berinteraksi oleh penderita.

Ada tiga jenis utama dari kutu, seperti dilansir laman Health Me Up, Rabu (3/6).

1. Kutu kepala

Ini adalah kutu yang hadir di kulit kepala. Mereka hidup pada batang rambut dan menghisap darah dari kulit kepala. Kutu jenis ini menyebabkan rasa gatal.

2. Kutu kemaluan

Kutu ini berkembang di rambut kemaluan dekat dengan kulit. Kutu jenis ini sering menyebabkan masalah seks menular. Kutu ini bisa timbul karena penggunaan handuk bersama, toilet gulungan dll.

3. Kutu tubuh

Kutu ini hidup di lapisan pakaian dan mengigit tubuh hanya pada saat makan. Mereka menyebabkan gatal di ketiak, daerah pinggang dan bagian lain dari tubuh di mana pakaian umumnya sering kontak dekat dengan kulit.

4. Gejala kutu

Satu-satunya gejala dari kutu kutu adalah rasa gatal. Gatal begitu parah sehingga bisa menyebabkan Anda menggaruk kulit sampai mulai berdarah. Gatal, terutama dalam kasus kutu kemaluan dan kutu tubuh mungkin lebih buruk di malam hari.

5. Diagnosa

Kebanyakan orang tua bisa dengan mudah mengidentifikasi masalah kutu ini. Detektor kutu tersedia dalam bentuk sisir. Sisir ini berubah warna setelah menyikat rambut. 

6. Pengobatan

Cara membasmi kutu bisa dengan menggunakan adalah over-the-counter lotion, sampo dan krim. Sisir bergigi halus juga perlu digunakan untuk menyingkirkan nits (telur).(fny/jpnn)

BACA JUGA: Begini Cara Brands Saripati Ayam Kampanye Hidup Sehat

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hai Wanita! Ini Bahaya Terlalu Sering Pakai High Heels


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler