Ramp Check di 3 Titik, Menhub Pastikan Macet Nataru Nihil

Sabtu, 29 Desember 2018 – 20:10 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi menyempatkan mengecek tensi darah saat ramp check di di Rest Area KM 207 Cirebon. Foto: Istimewa

jpnn.com, CIREBON - Guna memastikan keselamatan penumpang moda transportasi darat, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan Ramp Check di tiga titik, yaitu Cirebon, Tegal dan Batang.

Dalam agenda akhir pekan ini, Menhub yang didampingi Dirjen Darat Budi Setyadi dan Dirut Jasa Marga Desi Arryani ingin memastikan bahwa angkutan yang dipakai masyarakat untuk libur Natal dan Tahun Baru (nataru) 2019 dalam kondisi baik. Sehingga, tidak ada lagi kecelakaan akibat dari tidak laiknya kendaraan.

BACA JUGA: Libur Nataru, Jumlah Penumpang di Terminal Meningkat

Menhub mendapat penjelasan dari Direktur Operasi I Jasa Marga M. Sofyan terkait dengan jumlah Rest Area yang ada dari Jakarta sampai Surabaya.

Usai paparan, Menhub juga menyempatkan melakukan kunjungan ke tempat UMKM dan menyapa masyarakat yang tengah istirahat. "Apa kabar? Mau kemana?," tanya Menhub kepada satu keluarga yang tengah istirahat di Rest Area KM 207 Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (29/12).

BACA JUGA: Sambut Natal, Perinus dan Tiga BUMN Berbagi Kasih di Ambon

"Baik pak menteri, kita mau jalan-jalan ke Yogya pak, dari Palembang," Jawabnya. "Wah satu kampung kita, dari kapan jalan dari Palembang?" "Kemarin pak," "Baik selamat jalan, hati-hati di jalan, jangan melebihi 100 km per jam ya," pesan Menhub.

Dalam kesempatan itu, Menhub mengapresiasi kerja Kementerian PU, Kementerian BUMN dimana jalan tol Jakarta-Surabaya selesai bahkan ada beberapa ruas yang gratis. "Satu kebahagiaan saya, tidak ada isu macet selama arus liburan Natal dan Tahun Baru ini. Artinya, jalan tol Jakarta-Surabaya ini memberikan solusi bagi kemacetan," Kata Menhub.

BACA JUGA: Drum Band Satgas Indobatt Memeriahkan Natal di Lebanon

Bahkan kata Menhub, jalan tol ini juga memangkas waktu tempuh. Jakarta - Semarang, kata Menhub, untuk saat ini hanya ditempuh dalam waktu 5 jam dari 8 jam. Dan Jakarta - Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 9 jam.

"Arahan bapak Presiden bahwa konkektivitas itu penting, dan bukan hanya penghubung Jakarta ke Semarang atau ke Surabaya tapi bisa menjadi makna bagi masyarakat. Harus memberikan efek positif," tegasnya.

Menhub juga mengunjungi pos kesehatan di rest area tersebut dan melakukan tensi darah. Setelah dari Cirebon, Menhub melanjutkan kunjungannya ke Kota Tegal yang hanya ditempuh dalam waktu 45 menit. (jpnn)

Sebelum melakukan Ramp Check diterminal Tegal, Menhub menyempatkan untuk mencicipi makanan khas tegal yaitu Sate Batibul. Di Terminal Tegal, Menhub melakukan Ramp Check di bus Dewi Sri tujuan Tegal-Jakarta. "Setelah saya cek semua berjalan normal, rem tangan, lampu, saya minta tidak melebihi kecepatan agar selamat sampai tujuan," Ujarnya.

Menhub juga mengecek hasil tes urine para driver bus, 13 orang yang di tes semuanya negatif tidak mengkonsumsi narkoba. "Hasil tes urine bagus, saya berharap ini terus membaik," Tandasnya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tarif Bus Naik, Bos Terminal Bilang tak Melebihi Ketentuan


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler