Rapat Bersama Jokowi, Menko Airlangga Bahas Percepatan Penyerapan Stimulus

Selasa, 28 Juli 2020 – 09:40 WIB
Rapat virtual Presiden Joko Widodo dan Komite Penanganan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri Rapat Terbatas secara virtual bersama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin terkait perkembangan Komite Penanganan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19, Senin (27/7).

Menko Airlangga mengatakan, rapat tersebut membahas percepatan kinerja komite terkait penyerapan stimulus.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Maaf Gibran Belum Matang, KKB Tantang TNI-Polri, KPK Selidiki Dugaan Korupsi di Jatim

"Presiden Joko Widodo memerintahkan Komite Penanganan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19 untuk dapat mendorong dan mempercepat penyerapan stimulus dalam menangani pandemi Covid-19," kata Airlangga.

Airlangga menjelaskan Presiden Joko Widodo juga meminta pemerintah dan komite memprioritaskan kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam menjalankan tugas.

BACA JUGA: Airlangga Minta Kader Menangkan Calon Golkar di Pilkada 2020

"Presiden menginstruksikan kepada Komite untuk menurunkan angka kematian, meningkatkan angka kesembuhan, dan mengendalikan laju penularan Covid-19," ujarnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, lanjutnya, Komite akan mengintegrasikan kebijakan kesehatan dan ekonomi dengan melakukan langkah-langkah terobosan dengan bekerja lebih cepat.

BACA JUGA: Agung Laksono Senang Ada Duet Airlangga-Erick Thohir

Selain itu, Airlangga menjelaskan, arahan Presiden Joko Widodo lainnya yang krusial adalah terkait langkah komunikasi dan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru dengan protokol kesehatan yang harus lebih ditingkatkan dan dipatuhi oleh seluruh elemen masyarakat.

Untuk itu, Airlangga mengajak masyarakat untuk bersama menciptakan rasa aman dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini penting dilakukan agar kegiatan perekonomian berlangsung kondusif dan kondisi sosial ekonomi masyarakat pun berangsur membaik.

"Integrasi kesehatan dan ekonomi dalam menangani dampak Covid 19 menjadi makin terkoordinasi dan hasilnya pun akan positif, mendukung satu dengan yang lain, sebagaimana yang diharapkan kita semua," pungkas Airlangga.

Hadir pula dalam Rapat Terbatas tersebut Wakil Ketua Komite Kebijakan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menkopolhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Mendagri Tito Karnavian, dan Ketua Pelaksana Menteri BUMN  Erick Thohir, serta Satgas Penanganan Covid-19 Kepala BNPB Doni Monardo dan Satgas Ekonomi yang juga Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin bersama jajaran kementerian terkait. (flo/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler