Rapat Staf dan Komando Koarmatim Resmi Ditutup

Sabtu, 04 Februari 2017 – 02:00 WIB
Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto secara resmi menutup Rapat Staf dan Komando (Rasko) Koarmatim tahun 2017 di Gedung Candrasa Koarmatim, Ujung Surabaya, Jumat (3/2/2017). FOTO: Dispen Koarmatim

jpnn.com - jpnn.com - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto secara resmi menutup Rapat Staf dan Komando (Rasko) Koarmatim tahun 2017 di Gedung Candrasa Koarmatim, Ujung Surabaya, Jumat (3/2/2017).

Selama dua hari pelaksanaan Rasko Koarmatim secara bersama-sama seluruh peserta mengikuti dan mendengarkan paparan, penjelasan serta mendiskusikan tentang berbagai macam permasalahan yang dihadapi serta berbagai masukan, solusi, saran serta pemecahannya.

Untuk menindaklanjuti kesiapan Koarmatim dalam melaksanakan serangkaian program dan kegiatan Tahun 2017, Pangarmatim menyampaikan kepada seluruh peserta Rasko Koarmatim agar seluruh bidang melaksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dengan tetap berpedoman pada pokok-pokok kebijakan Kasal. Sehingga program dan kegiatan tahun 2017 dapat terlaksana dan tercapai dengan lebih baik.

BACA JUGA: Agung Pimpin Kolinlamil, Putu jadi Komandan Kodiknatal

Adapun bidang kegiatan meliputi bidang intelijen, bidang operasi dan latihan, bidang personel, bidang logistik, bidang perencanaan dan anggaran serta bidang pengawasan dan pemeriksaan,

Menurutnya, untuk mengawali pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2017, Pangarmatim menekankan beberapa pokok kebijakan. Di antaranya kebijakan bidang intelijen. Ia meningatkan agar lebih meningkatkan kemampuan dalam analisis Informasi dan situasi untuk tindakan antisipasi serta cegah dini terhadap berbagai kemungkinan potensi gangguan keamanan, optimalkan deteksi dini dan laporan cepat terhadap perkembangan sosial yang terjadi di masyarakat.

Bidang operasi terkait pelaksanaan operasi semaksimal mungkin dengan tetap mengacu pada koridor hukum yang berlaku serta peningkatan kemampuan dan profesionalisme personel.

Bidang personel meliputi, memberikan kesempatan dan prioritas kepada personel pengawak KRI dalam karier dengan menerapkan penilaian “Matriks XG”, melaksanakan sertifikasi jabatan untuk jabatan strategis di Koarmatim.

BACA JUGA: Begini Cara Asah Kemampuan Tembak Para Perwira

Bidang logistik di antaranya, melengkapi pengajuan kebutuhan dengan spektek yang jelas dan lengkap serta Rencana Anggaran dan Biaya (RAB), Pengajuan PUT agar sesuai dengan kebutuhan perbaikan/pemeliharaan KRI, Laksanakan tertib administrasi pemanfaatan BMN.

Untuk bidang program dan anggaran, Pangarmatim mengingatkan pentingnya melaksanakan penyusunan/pembuatan laporan kegiatan agar berpedoman pada aturan/dasar yang terbaru.

BACA JUGA: Danlanal Dumai Kukuhkan 75 Pramuka Saka Bahari Daerah

Dalam melaksanakan kegiatan agar berpedoman pada PPPA-UO dan Otorisasi dan melaksanakan penghematan anggaran secara lebih nyata dan terukur.

Sedangkan kebijakan bidang pengawasan dan pemeriksaan antara lain, meningkatkan pelaksanaan pengawasan dan tertib administrasi serta evaluasi melalui manajemen pengawasan yang optimal terhadap penyelenggaraan program dan kegiatan.

“Jadikan Inspektorat Koarmatim selaku Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) sebagai mitra kerja, sebagai penjamin kualitas, penasehat dan pemberi solusi serta sebagai mediator dan fasilitator,” kata Pangarmatim seperti rilis Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksma TNI I.N.G. Ariawan, Komandan Guspurlatim Laksma TNI Dadi Hartanto, Komandan Guskamlatim Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, Komandan Lantamal Wilayah Timur, para Asisten Pangarmatim, para Kasatker Mako Koarmatim, para Komandan unsur Koarmatim, para Komandan Lanal Wilayah Timur, dan para Kafasharkan Wilayah Timur.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tingkat Kepengurusan Jalasenastri Resmi Diubah


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
TNI AL   Koarmatim  

Terpopuler