Rating Tinggi Raffi-Gigi, Anang-Ashanty Kalah Jauh

Minggu, 28 Desember 2014 – 07:12 WIB
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Foto: dok.Jawa Pos/JPNN

jpnn.com - MENJELANG tutup tahun 2014, pemberitaan terkait dengan aktivitas keseharian selebriti kian gencar. Tahun ini, sejumlah lembaga penyiaran melakukan terobosan demi memperoleh pemberitaan eksklusif dari artis papan atas. Caranya, menyiarkan secara langsung peristiwa terpenting dalam hidup mereka.

Pertengahan Oktober lalu, masyarakat setanah air digemparkan pernikahan sepasang artis, Raffi Ahmad, 27, dan Nagita Slavina, 26. Hampir seluruh media berskala nasional dan lokal, baik cetak maupun elektronik, saling berlomba memburu berita terbaik.

BACA JUGA: Alyssa Merasa Tercukupi dari Seorang Dude

Bukan hanya momen akad nikah dan resepsi. Tapi, ’’perang’’ dimulai dari persiapan sampai pelaksanaan pernikahan.

Tidak jarang, sejumlah media mengerahkan wartawan mereka untuk menguntit keduanya. Misalnya, lokasi syuting dan berbagai acara lain.

BACA JUGA: Kelabakan Karena Hubungan Neymar dengan Mahasiswi Kedokteran

Sejumlah media, khususnya televisi, bahkan menyatakan siap menyiarkan secara live pernikahan Raffi-Nagita.

Akhirnya, aktivitas pribadi itu ditayangkan selama dua hari berturut-turut, 16–17 Oktober lalu, oleh Trans TV. Selain ditayangkan secara live, stasiun televisi tersebut mengemas secara apik dan eksklusif rangkaian acara pernikahan mereka untuk disuguhkan kepada pemirsa.

BACA JUGA: Avril Lavigne Kecanduan Bill Cosby

Dengan judul Janji Suci Raffi dan Nagita, Trans TV menayangkan prosesi pemasangan bleketepe (anyaman daun kelapa), siraman, midodareni, hingga akad nikah. Stasiun televisi itu pun mendulang keuntungan fantastis.

Berdasar informasi yang dihimpun Jawa Pos, pada prosesi adat menjelang pernikahan Raffi-Nagita, 16 Oktober, Trans TV memperoleh rating/share 40/23,4 persen. Ketika akad nikah, 17 Oktober, rating/share-nya melesat hingga 5,6/38,5 persen.

Juru Bicara Trans TV Hadiansyah Lubis menyatakan, tingginya rating menjadi bukti banyaknya audiens yang menyaksikan tayangan tersebut. ’’Publik ingin mengetahuinya. Tugas kami begitu. Tayangan informasi yang menghibur,’’ ujar Hadi, sapaan Hadiansyah.

Dia berpendapat, penayangan pernikahan Raffi-Nagita sesuai dengan koridor. ’’Karena kita sendiri segmentasinya adalah hiburan, Raffi dan Nagita adalah sosok publik figur yang punya penggemar. Penggemarnya pasti juga ingin tahu kegiatan mereka,’’ tandasnya.

Tidak mau tertinggal, RCTI juga menayangkan secara live kebahagiaan dua presenter Dahsyat tersebut. Pada 19 Oktober, RCTI menayangkan kegiatan menjelang resepsi pernikahan Raffi-Nagita. RCTI memasang dua tajuk untuk kegiatan tersebut. DahSyatnya Pengantin Baru dan Kamulah Takdirku: Nagita dan Raffi.

Tidak disangka, siaran langsungresepsi tersebut mendapat rating/share 7,9/39,6 persen, lebih tinggi daripada tayangan langsung saat akad nikah Raffi-Nagita di Trans TV.

Tidak berhenti di situ, sepekan kemudian, RCTI kembali menayangkan resepsi Raffi-Nagita di Bali, 25 Oktober. Acara tersebut ditayangkan sejak sore hingga malam. Menurut rencana, 30 Desember mendatang, grup MNC tersebut juga bakal menyiarkan secara langsung acara ngunduh mantu Raffi-Nagita di Bandung.

Pengalaman mendulang rating tinggi melalui siaran langsung dilanjutkan RCTI. Stasiun televisi tersebut menayangkan secara live dan eksklusif kejadian penting bagi pasangan artis Anang Hermansyah, 45, dan Ashanty, 31. Apa lagi kalau bukan kelahiran anak pertama mereka pada 14 Desember lalu di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta.

Di luar ekspektasi, tayangan berjudul Anakku: Buah Hati Anang­-Ashanty tersebut hanya memperoleh rating/share 1,8/13,6 persen. Itu bisa dibilang anjlok jika dibandingkan dengan rating acara pernikahan Raffi-Nagita sebelumnya.

Head of Corporate Secretary RCTI Adjie S. Soeratmadjie mengungkapkan, tidak semua keinginan pemirsa bisa dipenuhi RCTI. ’’Ada 200 juta jiwa orang Indonesia. Kita tidak pernah tahu siapa yang suka dan tidak suka. Tapi, kami menghargai semua pandangan,’’ tuturnya.

Sebelumnya, RCTI menayangkan pernikahan Dude Herlino, 34, dan Alyssa Soebandono, 23, Maret lalu. Bedanya, tayangan yang diberi judul Janji Suci Dude-Alyssa tersebut tidak disiarkan secara langsung. Meski demikian, tayangan tersebut bisa menyundul rating/share 2,0/20 persen. (dod/c5/c4/nda)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Grace Natalie Bagi Sepatu Bareng Suami


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler