Ratusan Siswa SD dan MI di Kudus Antusias Ikuti Festival SenengMinton 2024

Minggu, 25 Februari 2024 – 17:29 WIB
Ratusan siswa SD dan MI di Kudus, Jawa Tengah, antusias mengikuti Festival SenengMinton 2024. Foto: Djarum Foundation

jpnn.com, KUDUS - Sebanyak 360 siswa kelas 1 hingga kelas 3 dari 20 Sekolah Dasar (SD) di Kudus, Jawa Tengah, antusias mengikuti Festival SenengMinton 2024

Festival yang diinisiasi Pengurus Kabupaten (Pengkab) PBSI Kudus bekerja sama dengan Bakti Olahraga Djarum Foundation dan PB Djarum, digelar di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Siswa SD5 Tirana Jaga Kelestarian Taman Nasional Way Kambas Lewat Learning Expedition

"Meski hanya berlangsung sehari, tetapi kesenangannya bisa bertahan lama pada para siswa," kata Ketua Umum Pengkab PBSI Kudus Yuni Kartika, dalam keterangannya, Minggu (25/2).

Yuni Kartika mengatakan, inisiasi mengenalkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap bulu tangkis ini dimulai sejak Juni tahun lalu.

BACA JUGA: 363 Atlet Berlaga di Kejuaraan Klub Mitra PB Djarum 2024

Kala itu, Pengkab PBSI Kudus menggelar sesi coaching clinic kepada para guru SD dengan tujuan agar sekolah-sekolah tersebut membuka ekstrakurikuler bulu tangkis bagi para siswa. 

"Ternyata antuasiasnya tinggi sekali. Sehingga kami menggelar SenengMinton 2024 sebagai festival dan perlombaan bagi siswa sekolah dasar agar makin jatuh cinta dengan olahraga ini," ujarnya.

BACA JUGA: 11 Atlet Bergabung dengan Klub PB Djarum, Ini Daftar Lengkapnya

Dalam Festival SenengMinton 2024, para peserta akan mengikuti enam jenis lomba yakni Service to Target, Throwing the Shuttlecock, Juggling Shuttlecock, Drive Target, Netting Target Between Ropes, dan Shuttle Run Zig Zag.

Pada setiap uji ketangkasan itu, setiap SD diwakili oleh satu regu berisikan tiga personil yang harus terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Para pemenang di tiap-tiap lomba membawa pulang piala, piagam, dan hadiah dari sponsor, yakni Aice Group, Kenko, dan MilkLife.

Perwakilan Bakti Olahraga Djarum Foundation Budi Darmawan mengatakan, strategi Pengkab PBSI Kudus dalam mengenalkan dan memassalkan bulu tangkis ini diharapkan menjadi pemicu lahirnya talenta-talenta baru.

“Festival SenengMinton merupakan strategi memasyarakatkan bulu tangkis ke usia dini secara terstruktur dengan melibatkan para guru sekolah, sistematis melalui berbagai games yang mendorong kecintaan terhadap bulu tangkis dan masif dengan melibatkan banyak peserta," tutur Budi.

Turut hadir memberikan dukungan dalam festival itu, yakni Senior Brand Manager sekaligus juru bicara Aice Group Sylvana Zhong, Marketing Manager KENKO Jameson Halim, dan Farida Hikmawati, guru asal MI NU Nurus Shofa Karangbener. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler