Rawat Kulit Wajah dan Rambut dengan Air Rendaman Beras

Minggu, 20 Januari 2019 – 18:21 WIB
Handuk wajah. ILUSTRSI. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Air rendaman beras ternyata memiliki manfaat untuk merawat kulit wajah dan rambut. Air beras adalah toner kulit alami yang dapat mendorong pertumbuhan sel, merangsang aliran darah, dan membuat kulit halus serta cerah.

 

BACA JUGA: 6 Cara Memperlambat Proses Penuaan

Selain itu, air beras juga mengandung vitamin yang membantu mengurangi pigmentasi kulit gelap dan mineral yang mengencangkan pori-pori terbuka. Kandungan asam amino dalam air beras bisa membuat rambut lebih indah.

Air beras juga mengandung ferulic acid yaitu antioksidan kuat dan allantois yang mengandung sifat anti-inflamasi. Berikut 5 manfaat dari air beras, dilansir dari Standard Media, Rabu (16/1).

BACA JUGA: 5 Kondisi Wajah Ini Gambarkan Kesehatan Anda

1. Meredakan Jerawat dan Dermatitis

Secara alami, air beras bisa menenangkan peradangan kulit dan jerawat. Menurut sebuah studi tahun 2002 dari Departemen Toksikologi di Universitas Vrije di Brussels, Belgia, ditemukan bahwa pasien yang menderita dermatitis atopik dapat diperbaiki kondisinya dengan mandi dalam air beras setidaknya selama 15 menit dua kali sehari.

BACA JUGA: 5 Perawatan Wajah ini Lagi jadi Tren

Ini bisa menyembuhkan jerawat dan mengencangkan pori-pori. Caranya dianjurkan untuk biarkan air beras menjadi dingin kemudian menerapkannya pada wajah menggunakan kapas. Diamkan setidaknya 10 menit dan bilas dengan air.

2. Mengurangi Kulit yang Rusak dan Menua

Air beras bisa menghilangkan bintik-bintik gelap karena usia dan meminimalisasi kerusakan akibat radikal bebas dari lingkungan seperti sinar matahari. Air beras bisa menghaluskan tekstur kulit, mengatasi hiperpigmentasi, mengencangkan kulit, dan mengecilkan pori-pori.

3. Pembersih Wajah

Ini dilakukan dengan mencelupkan kapas ke dalam cairan air beras dan memijatnya dengan lembut selama dua menit. Penggunaan yang teratur membuat wajah kenyal, lembut, kencang, dan bercahaya.

4. Melembutkan dan Membuat Rambut Tumbuh Sehat

Air beras bisa mencegah kusut dan meningkatkan elastisitas rambut. Menurut International Journal of Cosmetic Science, para peneliti menemukan kalau menggunakan air beras sebagai perawatan rambut dapat mengurangi gesekan permukaan dan meningkatkan massa rambut.

Setelah menggunakan shampo dan kondisioner, bilas rambut Anda dengan air beras untuk menambah kilau. Ini juga membuatnya tetap kuat, sehat, dan tumbuh lebih lama.

5. Kondisioner Rambut

Air beras bisa digunakan untuk kondisioner rambut dengan campuran minyak esensial rosemary, lavender atau geranium. Lalu oleskan pada rambut. Biarkan selama 10 menit lalu bersihkan.

Ini penting karena kaya akan asam amino yang akan meningkatkan volume dan kekuatan rambut. Ini juga menyeimbangkan tingkat PH kulit kepala karena tidak memiliki bahan kimia atau pengawet.(jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Ritual Sebelum Tidur Agar Kulit Lebih Sehat


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler