Rayakan 50 Tahun di Indonesia, Henkel Terus Berinovasi yang Berdampak pada Masyarakat

Jumat, 11 Oktober 2024 – 18:36 WIB
Henkel Wall, perjalanan Henkel dari tiap-tiap dekade sejak 1970. Foto: Dokumentasi Henkel

jpnn.com - Henkel, pionir global dalam produk adhesive, sealant, dan functional coating, merayakan tahun ke-50 di Indonesia tahun ini.

Henkel dengan fondasi inovasi yang kuat berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan yang bermakna di pasar Adhesive Technologies sebagai mitra terpercaya, serta menciptakan perubahan yang berarti bagi masyarakat.

BACA JUGA: Henkel Bakal Hadir di Pameran Mining Indonesia 2024

Presiden Henkel Indonesia Dharmesh Shah merayakan 50 tahun di Indonesia adalah tonggak penting bagi perusahaannya.

Dia mengucapkan terima kasih yang mendalam atas dukungan yang tak pernah pudar dari para pemangku kepentingan selama beberapa dekade ini.

BACA JUGA: Henkel Bakal Tampilkan Produk LOCTITE di Mining Indonesia 2023, Catat Tanggalnya!

"Seiring perjalanan kami ke depan, kami tetap berkomitmen untuk memperkuat budaya kolaboratif kami dengan pemberdayaan individu, menciptakan nilai yang luar biasa bagi mitra terpercaya kami, memberdayakan komunitas di mana kami beroperasi, dan terus mendorong kemajuan di tahun-tahun mendatang,” kata Dharmesh Shah, dikutip Jumat (11/10).

Didirikan pada 1974, Henkel Indonesia menjalankan unit bisnis Adhesive Technologies dengan sekitar 426 karyawan di kantor pusat, pabrik adhesive sepatu, Pusat Inovasi Regional Asia Tenggara di Tangerang Selatan, serta pabrik adhesive industri di Pasuruan, Jawa Timur serta Tangerang.

BACA JUGA: Kembangkan Ekosistem Digital, Henkel Gandeng Tokopedia

Melalui bisnis Adhesive Technologies, Henkel Indonesia menawarkan solusi terdepan kepada pelanggan di berbagai industri, mulai dari bidang transportasi dan elektronik, kemasan dan produk konsumen, kerajinan, konstruksi, dan profesional, melalui berbagai merek unggulan seperti Loctite, Bonderite, Technomelt, Teroson, dan Aquence.

Henkel juga berkomitmen untuk mendorong inovasi dan menawarkan keunggulan kompetitif kepada pelanggan dengan memperluas portofolionya demi memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang.

Beberapa langkah strategis yang telah dilakukan adalah akuisisi Darex Packaging Technologies pada 2017, dan akuisisi CSNRI serta Seal For Life pada 2023 dan 2024.

Dengan puluhan tahun pengalaman di pasar Adhesive Technologies, Henkel berkomitmen untuk memajukan industri lokal melalui kolaborasi, pengembangan sumber daya manusia, dan promosi solusi inovatif berkelanjutan.

Pada 2018, Henkel mendirikan Pusat Inovasi Regional Asia Tenggara di Bintaro, Tangerang Selatan, yang merupakan pusat inovasi pertama untuk industri adhesive di wilayah ini, sekaligus sebagai salah satu investasi terbesar Henkel di Indonesia.

Melalui pusat inovasi tersebut, Henkel terus mendorong kolaborasi erat dengan mitra bisnis, serta pengembangan produk berkinerja tinggi yang berkontribusi pada kekuatan dan pertumbuhan industri lokal.

Selain itu, Henkel Converters’ Academy juga dibuka di Indonesia pada 2023 untuk memperluas program pelatihan profesional bersertifikat bagi industri kemasan fleksibel ke Asia Tenggara.

Didukung IHK Düsseldorf, program ini menawarkan pelatihan tingkat ahli mengenai solusi coating, teknologi laminasi, dan aplikasi terapan di Pusat Inovasi Regional Asia Tenggara, menggabungkan presentasi teknis dengan pengalaman langsung untuk membantu pelanggan regional melakukan inovasi dan meningkatkan kemasan yang berkelanjutan.

Membentuk pasar masa depan dengan transformasi digital selama bertahun-tahun, Henkel Indonesia telah menjaga komitmennya terhadap standar yang tinggi dalam produksi serta menghadirkan manfaat bagi mitra dan pelanggan.

Dalam satu dekade terakhir, smart system dalam produksi telah diterapkan di pabrik Pasuruan dan Tangerang, meningkatkan proses serta mendorong inovasi dan efisiensi lebih lanjut.

Integrasi dengan SAP di pabrik Pasuruan telah meningkatkan analisis data secara real-time untuk memperbaiki keselamatan dan kualitas.

Di pabrik Tangerang, digitalisasi dan proses berbasis data telah membantu mengoptimalkan sumber daya dan meningkatkan produktivitas, sembari menawarkan fleksibilitas dan kemampuan pemeliharaan yang canggih.

Kedua pabrik Henkel Adhesive Technologies telah menerima pengakuan di tingkat provinsi dan nasional untuk standar keselamatan, produktivitas, dan inovasi mereka, di antaranya adalah penghargaan produktivitas Siddhakarya (2022), dan penghargaan Pramakarya (2023) untuk pabrik Pasuruan.

Pabrik Tangerang juga mencapai tonggak penting dengan lebih dari enam juta jam kerja tanpa insiden pada 2022.

Capaian tersebut meraih Penghargaan Zero Accident untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja, dan peringkat emas dari Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja dari Gubernur Banten.

Melalui inisiatif bisnis digital, Henkel Indonesia juga memperkuat keterlibatan dengan mitra dan pelanggan dengan meluncurkan Loctite Indonesia Official Store di Tokopedia dan Shopee pada 2022.

Menandai ekspansi e-commerce pertama di Asia Tenggara untuk unit General Manufacturing & Maintenance, Henkel Adhesive Technologies, keberadaan toko resmi memberikan saluran baru langsung ke konsumen, membangun hubungan dan meningkatkan kehadiran merek di platform digital.

Memberdayakan Komunitas dan Memajukan Komitmen terhadap Keberlanjutan

Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-50, karyawan Henkel Indonesia berkumpul untuk menanam 150 pohon di Hutan Pinus di Mangunan, Yogyakarta demi memperkuat komitmen Henkel terhadap komunitas dan lingkungan.

Pada awal tahun ini, Henkel Indonesia juga memulai proyek untuk membangun kembali gedung sekolah dasar bagi siswa di SD Namatota, Papua Barat selama enam minggu, yang didanai oleh inisiatif Make an Impact on Tomorrow.


Karyawan Henkel Menanam 150 Pohon Bersama di Hutan Pinus Mangunan

Sebagai bentuk komitmen terhadap keberlanjutan Henkel Indonesia juga telah aktif berkontribusi kepada masyarakat selama bertahun-tahun.

Selama wabah Covid-19, Henkel Indonesia menyumbangkan 12 ribu euro (lebih dari Rp 200 juta) kepada Habitat for Humanity Indonesia untuk mendukung staf rumah sakit di Surabaya dengan akomodasi, makanan, transportasi, dan alat pelindung diri.

Selain memberikan bantuan dan memimpin upaya pembangunan kembali sekolah, Henkel Indonesia telah bekerja dengan sekolah dan sektor bisnis untuk mengadopsi pengelolaan lingkungan dan berkontribusi pada masa depan yang berkelanjutan.

Program Penyuluhan Sekolah Duta Keberlanjutan Henkel diluncurkan di Indonesia pada 2014, memberdayakan karyawan untuk mempromosikan keberlanjutan di tempat kerja dan komunitas lokal.

Melengkapi program ini, perusahaan telah mempelopori beberapa inisiatif termasuk kolaborasi dengan Teens Go Green Indonesia untuk webinar tentang polusi plastik laut selama "Plastic Free July," dan Youth Climate Action Camp yang menampilkan tur fasilitas daur ulang, transplantasi terumbu karang, dan penanaman bibit mangrove.

Henkel Indonesia juga mengadakan Seminar Keberlanjutan pada 2023 untuk mengumpulkan para ahli dan pemangku kepentingan untuk mengeksplorasi dan memajukan praktik kemasan berkelanjutan.

Merayakan 50 Tahun Pertumbuhan yang Bermakna

Henkel Indonesia mengadakan Gala Dinner untuk memperingati ulang tahun ke-50, dengan kehadiran mitra bisnis, perwakilan pemerintah dan karyawan Henkel di The St. Regis Jakarta pada Kamis (10/10).

(Dari Kiri ke Kanan) Irwan Setiawan Zahirudin, Reza Yamora Siregar, Ratna Zahirrudin, Alejandro Schoenhoff, Dharmesh Shash, Thomas Graf, Carmen Chua dan Casey Kim dalam Toast Ceremony Merayakan 50 Tahun Henkel di Indonesia.

Acara ini merayakan pencapaian Henkel di Indonesia sejak didirikan, dengan sambutan dari tamu terhormat dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, dan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta.

Para hadirin juga disuguhkan dengan video penghormatan yang menampilkan karyawan lokal Henkel.

Malam yang spesial ini ditutup dengan penampilan spesial dari diva musik Indonesia, Titi Dj.

Perjalanan 50 tahun Henkel di Indonesia juga dipamerkan melalui instalasi experience center yang menampilkan berbagai inovasi yang dikembangkan oleh Henkel selama setengah abad terakhir.

Henkel Experience Center, di mana para undangan dapat melihat langsung berbagai produk yang menggunakan Henkel Adhesive Technologies

Memperkuat Budaya Kolaboratif Melalui Pemberdayaan

Budaya yang kuat, nilai-nilai yang dianut bersama, dan kerangka kerja yang jelas untuk berkolaborasi sebagai satu tim adalah kunci kesuksesan masa depan Henkel.

Henkel Indonesia akan terus memupuk budaya kolaborasi dan pemberdayaan individu, membekali karyawan dengan keterampilan masa depan dan memungkinkan mereka untuk tumbuh dan berkembang.

Perayaan bagi karyawan dilaksanakan dalam bentuk rangkaian acara apresiasi pada 19-21 September 2024, di mana mereka mempererat kebersamaan melalui beragam kegiatan team building, tur jeep lava, dan makan bersama.

Kegiatan-kegiatan tersebut memberikan kesempatan untuk merenungkan pencapaian masa lalu serta menyusun mimpi dan masa depan bersama.

Semua merek yang disebutkan di atas adalah merek dagang dan/atau merek dagang terdaftar milik Henkel dan afiliasinya di AS, Jerman, Indonesia, dan tempat lainnya. (mar1/jpnn)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler