Rayakan Ultah di Tiongkok, Kim Jong Un Beri Sinyal ke Trump

Rabu, 09 Januari 2019 – 08:24 WIB
Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un tiba di Tiongkok untuk lawatan kenegaraan. Foto: KCNA

jpnn.com, BEIJING - Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un kembali melawat ke Tiongkok. Kemarin, Selasa (8/1) iring-iringan kendaraan dengan pengawalan ketat yang diduga mengangkut Jong-un membelah Kota Beijing. Rencananya, dia akan berada di Negeri Panda sampai besok, Kamis (10/1).

Kali ini, Jong-un berkunjung ke Tiongkok bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-36. Reuters melaporkan bahwa dia dan rombongan bertolak dari Kota Pyongyang dengan kereta kepresidenan pada Senin (7/1).

BACA JUGA: Kejutan di Perang Dagang

Selain Ibu Negara Ri Sol-ju, beberapa pejabat senior Korut ikut mendampingi Jong-un. Di antaranya, Menteri Luar Negeri Ri Yong-ho dan Wakil Ketua Komite Partai Pekerja Kim Yong-chol.

''Ini berarti Jong-un ingin menegaskan kepada AS bahwa mereka masih punya pilihan selain Seoul dan Washington,'' ujar Harry Kazianis, direktur studi pertahanan pada Center for the National Interest.

BACA JUGA: Piala Asia 2019: Tiongkok Cuma Menang Tipis dari Kirgizstan

Alternatif lain itu adalah Tiongkok. Kemarin rombongan Jong-un disambut langsung oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Kazianis mengatakan bahwa ikutnya Yong-chol dalam kunjungan mancanegara perdana Jong-un pada 2019 itu menjadi sinyal kuatnya hubungan Korut-Tiongkok. (bil/c19/hep)

BACA JUGA: Tahun Baru dengan J-20

BACA ARTIKEL LAINNYA... Amerika Serikat Minta Warganya Jauhi Tiongkok


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler