Real Madrid Era Solari Tidak Butuh Isco

Selasa, 15 Januari 2019 – 12:43 WIB
Isco. Foto: Reuters

jpnn.com, MADRID - Pelatih Real Madrid Santiago Solari seperti memiliki seribu cara untuk tidak memasukkan nama Isco dalam skuatnya. Bentrok El Real melawan Real Betis pada jornada ke-19 La Liga Senin (14/1) dini hari kemarin menjadi bukti terbaru.

Di tengah badai cedera yang menerpa enam pemain (d liar Karim Benzema), Solari kembali menemukan alasan untuk tidak menurunkan Isco. Dia mengubah formasi standar Madrid dari 4-3-3 ke 3-5-2. Ini kali pertama Solari menggunakannya sejak jadi suksesor Julen Lopetegui per 30 Oktober lalu.

BACA JUGA: Mantap! PSM Makassar Gaet Mantan Pemain Real Madrid

Memang bukan hanya Isco yang dicadangkan. Bek kiri Marcelo juga bernasib sama. Untungnya, Solari berhasil membawa Real menang 2-1 dengan formasi eksperimennya.

"Beberapa bisa bermain dan beberapa lainnya tidak. Kami memiliki jadwal padat dan saya tidak ada masalah pribadi dengan siapa pun,'' kilah pelatih berkebangsaan Argentina tersebut kepada Marca.

BACA JUGA: Kisah Ceballos, Aktor Kemenangan Real Madrid Atas Real Betis

Solari boleh mengelak. Namun, fakta berbicara bahwa Real selalu berjaya bila berlaga tanpa Isco. Sebaliknya, ketika El Culon turun, Los Merengues tidak selalu meraih hasil postif.

Indikasi lainnya bahwa pelatih 42 tahun tersebut sudah enggan dengan Isco adalah ketika Karim Benzema cedera di akhir babak pertama. Solari bukannya memasukkan personel timnas Spanyol itu. Melainkan Cristo Gonzalez.

Apa yang dilakukannya kemarin membuktikan bahwa kini dia lebih mengedepankan hasil daripada bermain cantik dan Isco harus dienyahkan agar itu terlaksana. Buktinya, laga kemarin adalah ball possession terendah Los Merengues sejak El Clasico 2011 (23 persen), yakni 26 persen.

Dua gol Real pada laga yang dihelat di Estadio Benito Villamarin itu juga tidak lahir dari skema teamwork ciamik khas mereka selama ini. Yakni long shot kaki kiri Luka Modric yang menyambut bola liar pada menit ke-13 dan free kick Dani Ceballos (88').

Bukti lainnya, jumlah umpan sukses Real juga kalah jauh dibanding tuan rumah. Yakni, 713 berbanding 254 kali. Solari tampaknya lebih butuh pemain penurut untuk tampil baik dalam startegi arahannya ketimbang pemain bintang.

Ternyata, keputusan Solari menyingkirkan Isco secara perlahan ternyata tidak disukai teman Isco, Aitor Costa. Melaui akun Instagram-nya @aitorcosta10 dia memberi cap kepada Solari bahwa dia sudah membunuh sepak bola dengan menyingkirkan Isco. ''Ide yang dimilikinya di sepak bola sama dengan yang saya miliki di bidang teknik,'' semprot Costa melalui Instagram Story miliknya.

Khusus untuk Marcelo, menyingkirkannya ke bangku cadangan sangat mungkin karena performa buruknya dalam beberapa jornada terakhir. Namun, tidak sampai separah Isco. Sebab, Sergio Reguilon belum bisa sepenuhnya menggantikan Marcelo sebagai bek kiri dan Solari tidak bisa setiap laga menerapkan formasi 3-5-2 yang berujung kemenangan. (io)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tidak Setia Kawan, Gareth Bale akan Kena Denda Real Madrid


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler