Real Madrid Juara Piala Super Spanyol Usai Menang Adu Penalti dari Atletico

Senin, 13 Januari 2020 – 04:13 WIB
Kiper Real Madrid Thibaut Courtois (tengah) berjibaku menyelamatkan gawang timnya. Foto: diambil dari Marca

jpnn.com, JEDDAH - Real Madrid berhak mengangkat trofi Piala Super Spanyol usai menang adu penalti 4-1 melawan Atletico Madrid di King Abdullah Sports City, Jeddah, Senin (13/1) dini hari WIB.

Drama adu penalti terpaksa dilakoni dua tim asal Madrid tersebut setelah dalam 2 x 45 menit babak normal, ditambah 2 x 15 menit perpanjangan waktu, kedudukan tetap imbang 0-0.

BACA JUGA: Fede Valverde Lebih Mahal Ketimbang Lionel Messi

Kapten Real Sergio Ramos yang menjadi penendang keempat memastikan kemenangan timnya. Sebelum Ramos, semua eksekutor penalti Real dari pertama yakni Dani Carvajal, Rodrygo dan Luka Modric juga sukses melaksanakan tugasnya.

Sementara para algojo Atletico tak beruntung seperti penendang Real. Saul yang menjadi penendang pertama gagal, sepakannya membentur tiang gawang. Kemudian sepakan dari Thomas yang menjadi algojo kedua, bisa ditepis kiper Real Thibaut Courtois.

BACA JUGA: Valencia 1-3 Real Madrid: Toni Kroos Cetak Gol Langsung dari Tendangan Sudut

Hanya Kieran Trippier yang sukses menunaikan tugasnya sebagai algojo penalti Atletico.

Sebelum adu penalti, derbi Madrid berlansung ketat dan dalam tempo tinggi. Seturut statistik ESPN, Real unggul possession 65-35 dan lebih banyak melepaskan shots (on goal) yakni 25 (5) berbanding 15 (5) milik Atletico.

BACA JUGA: Begini Cara Atletico Madrid Mengalahkan Barcelona

Selain ketat, duel kedua tim juga diwarnai hujan kartu kuning; empat untuk Real, lima buat Atletico.

Real juga terpaksa harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Fede Valverde mendapat kartu kuning kedua (menjadi merah) pada babak kedua perpanjangan waktu atau tepatnya di menit ke-115.

Valverde sengaja menekel kaki Alvaro Morata dari belakang. Saat itu Morata mendapat peluang emas mencetak gol lewat sebuah skema serangan balik Atletico.

Ketika masih di luar kotak penalti dan hendak berhadapan dengan kiper Courtois, tiba-tiba Morata terjatuh lantaran digarap Valverde dari belakang.

Wasit Jose Sanchez tak pikir panjang lagi mengusir Valverde. Namun, di sisa waktu tersebut, Atletico gagal memanfaatkan keunggulan pemain.

Duel kedua tim juga menjadi panggung buat kedua penjaga gawang yakni Courtois (Real) dan Jan Oblak (Atletico). Andai Courtois dan Oblak tidak dalam mood yang baik dalam laga tadi, bisa saja kedua tim mewarnai pertandingan dengan hujan gol.

Dari catatan ESPN, Courtois melakukan enam kali penyelematan (di luar drama adu penalti), sedangkan Oblak lima kali. (adk/jpnn)
Prabowo Orang Spesial Megawati:


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler