Real Madrid Paling Ditunggu di International Champions Cup 2019

Sabtu, 13 Juli 2019 – 12:36 WIB
Skuad Real Madrid latihan di Montreal. Foto: Diario AS

jpnn.com, MONTREAL - Turnamen pramusim International Champions Cup (ICC) kembali bergulir musim panas tahun ini. Sejak pertama kali berlangsung 2013 lalu, ICC menjadi turnamen pemanasan kompetisi paling glamour.

ICC 2019 ini akan diikuti 12 klub dari tujuh negara. Klub Meksiko Guadalajara menjadi satu-satunya klub non-Eropa. Sebelas klub lainnya yakni Arsenal, Manchester United, Tottenham Hotspur, Bayern Muenchen, Fiorentina, Inter Milan, Juventus, AC Milan, Benfica, Atletico Madrid, dan Real Madrid.

BACA JUGA: Tidak Terima Cara Transfer Griezmann, Atletico Madrid Tuntut Barcelona

Dalam daftar tim-tim peserta terdapat beberapa tim kampiun domestik yang absen. Di lima liga elite, tiga tim juara yakni Manchester City (Inggris), Paris Saint-Germain (Prancis), dan Barcelona (Spanyol) absen.

Dengan situasi tersebut menurut AS kemarin (12/7) maka Real menjadi tim paling dinanti penampilannya. Dalam tur pramusim di Amerika Serikat (AS) ini, Los Merengues memastikan memboyong skuad lengkap.

BACA JUGA: Mendadak Zinedine Zidane Tinggalkan Kamp Pelatihan Real Madrid

BACA JUGA: Mendadak Zinedine Zidane Tinggalkan Kamp Pelatihan Real Madrid

Dari lima pemain rekrutan barunya musim 2019-2020 ini cuma bek Eder Militao yang absen. Sedangkan empat sisanya Eden Hazard, Luka Jovic, Rogrygo, dan Ferland Mendy dibawa entrenador Real Zinedine Zidane.

“Yang paling penting buat kami adalah para pemain baru sudah bersama kami sejak pramusim hari pertama. Kemudian mereka akan berinteraksi dan saling menjajal kemampuan ternaikmya,” ucap Zidane kepada AS.

Musim 2019-2020 ini menjadi musim terboros Real dalam satu dekade terakhir. Dengan total pembelanjaan mencapai GBP 272,7 juta (Rp 4, 79 triliun) maka angka itu hanya bisa disaingi ketika Real mendatangkan Cristiano Ronaldo musim 2009-2010 lalu.

Selama mengikuti ICC 2019 ini, Real dijadwalkan akan bertemu dengan tiga tim lain. Yakni Bayern Muenchen (21/7). Arsenal (24/7), dan Atletico Madrid (27/7). Khusus pertemuan dengan nama tim terakhir yang bertajuk Derbi Madrileno, kali ini merupakan pertemuan perdana di ajang pramusim.

Debut Hazard bersama Real memang paling dinanti. Butuh lebih dari lima tahun buat Real untuk bisa mendatangkan kapten timnas Belgia tersebut. Selain Derbi Madrileno maka Derby d'Italia antara Juventus lawan Inter Milan pantas ditunggu (24/7).

BACA JUGA: Tidak Terima Cara Transfer Griezmann, Atletico Madrid Tuntut Barcelona

Eks bek Real Alvaro Albeloa kepada Forbes mengatakan jika Derbi Madrileno yang digelar di luar Spanyol ini seperti membayar lunas hutang La Liga kepada publik AS. Presiden La Liga Javier Tebas sempat berwacana akan menggelar partai La Liga di AS dalam rangka semakin menggairahkan peminat sepak bola AS.

“Derbi selalu menjadi pertandingan yang menaikkan darah buat semua pemain di lapangan. Dan menurut saya, maka fans akan mendapatkan pengalaman menonton yang luar biasa,” tutur Arbeloa.

Bagaimana dengan jumlah penonton? Daily Mail menulis kalau Derbi Madrileno ini diunggulkan untuk memecahkan rekor penonton musim lalu. Yakni saat Manchester United versus Liverpool dilangsungkan di Michigan Stadium, Ann Arbor. Tahun lalu penonton United lawan Liverpool mencapai 101.254 orang.

Namun sehebat-hebatnya laga Liverpool lawan United, tak akan mengalahkan rekor penonton terbanyak ICC. Yakni ICC 2014 antara Real versus United. Penonton mencapai 109.318 orang. “Pertandingan yang melibatkan Real di AS selalu menyeret banyak penonton,” tulis Forbes.

Pada ICC 2016, pertandingan Real melawan Chelsea mencapai angka 105.826 orang.

Executive Chairman Relevant Sports Group Charlie Stillitano kepada ESPN mengatakan kemegahan ICC 2019 ini tak akan tereduksi meski pesertanya sedikit. Tahun lalu ada 18 klub yang berpartisipasi. Dan tahun ini hanya 12 tim.

“Bursa transfer musim panas tahun ini kita menjadi saksi beberapa perpindahan spektakuler. Termasuk apa yang kita saksikan di tubuh Real yang membeli banyak pemain demi kejayaan masa depan mereka,” ujar Stillitano. (dra)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Langsung Dibanderol Rp 12,6 Triliun, Berapa Gol Griezmann di Musim Pertama Bersama Messi?


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler