Reinaldo Lobo Yakin Brasil Lolos ke Babak 16 Besar

Rabu, 20 Juni 2018 – 20:56 WIB
Pemain PSMS Reinaldo Lobo melakukan selebrasi. Foto: SUTAN SIREGAR/SUMUT POS

jpnn.com, MEDAN - Reinaldo Lobo meyakini tim favoritnya, Brasil akan lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2018, meski hanya memetik hasil seri (1-1) lawan Swiss pada laga perdana grup E.

Bek asing PSMS Medan itu menilai pada laga tersebut, wasit tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Sah jadi Pemain Paling Subur di Eropa

“Saya kira wasit telah mempengaruhi hasil pertandingan, meski dalam pandangan saya Brasil tidak bermain sebagus biasanya.

“Saya berpendapat bahwa wasit tidak begitu senang dengan peluang yang kami ciptakan lewat keputusan-keputusannya. Seperti penalti yang harusnya didapatkan Brasil, tapi wasit tidak memberikannya,” ujarnya.

BACA JUGA: Ciuman Robert Lewandowski Untuk Anna Usai Kalah dari Senegal

Sebagai pemain asal Brasil juga, Lobo yakin Tim Samba akan melaju dengan mulus ke babak berikutnya.

Selain Brasil, Lobo sejatinya tak memiliki tim favorit lain di ajang ini. Hanya saja, dia melihat ada beberapa tim bagus seperti Prancis dan Spanyol.

BACA JUGA: Piala Dunia 2018: Prediksi Iran vs Spanyol

“Dan kemarin saya lihat pertandingan Meksiko, mereka juga bagus. Saya suka bagaimana mereka bermain, sangat kuat dan agresif,” ungkapnya.

Seperti diketahui, laga Brasil lawan Swiss imbang lewat gol Coutinho menit 20 dan Zuber menit 50. Pertandingan ini sempat kontroversi saat bola tendangan Gabriel Jesus di kotak penalti mengenai tangan pemain Swiss.

Pemain Brasil menilai pantas mendapat penalti. Tapi wasit tetap pada keputusan, melanjutkan pertandingan.

Kejadian ini juga memantik reaksi Federasi Sepak Bola Brasil CBF. “Kami meminta penjelasan dari FIFA mengenai alasan teknologi itu tidak digunakan dalam situasi genting selama pertandingan,” tulis pernyataan resmi CBF.

Pertama kali dalam sejarah Piala Dunia, FIFA mengapikasikan teknologi VAR untuk mengurasi risiko kesalahan wasit dalam mengambil keputusan VAR telah digunakan di Piala Dunia untuk pertama kali dan, menurut CBF, terobosan wasit digital ini hanya untuk; “mengoreksi kesalahan atas insiden terlewatkan dan bisa mengubah keputusan wasit”.

Brasil percaya, VAR bisa memberikan penjelasan atas dua insiden dalam pertandingan antara Brasil vs Swiss. Menurut CBF, bila wasit melihat tayangan ulang melalui VAR, bisa jadi Neymar dkk. meraih poin penuh.

VAR telah memberikan kontribusi untuk membuat pertandingan berjalan lebih adil dan transparan. Prancis terbantu dengan teknologi ini. Wasit sempat menolak mengeksekusi penalti, namun setelah melihat VAR, sang pengadil menganulir keputusan tersebut dan memberikan penalti untuk Prancis. (rej/jpg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Piala Dunia 2018: Prediksi Uruguay vs Arab Saudi


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler