Rekam Jejak Erick Thohir Penuh Kesuksesan, Pengamat: Wajar Jadi Cawapres Potensial

Kamis, 15 Juni 2023 – 16:00 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Adi Prayitno tidak heran jika saat ini Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) potensial di bursa Pilpres 2024 mendatang.

Pasalnya, menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu memiliki rekam jejak kepemimpinan yang penuh dengan kesuksesan.

BACA JUGA: Indonesia vs Palestina: Erick Thohir Menyebut Nama 3 Pemain, Modal Bagus Menantang Juara Dunia

“Tidak mengherankan Pak Erick Thohir selalu masuk bursa jadi cawapres berpotensial. Dia memiliki kesuksesan di PSSI maupun BUMN,” terang Adi.

Rekam jejak kesuksesan Erick Thohir terbentang dari Kementerian BUMN hingga PSSI.

BACA JUGA: Edy Torana Puji Sambutan Ketua PAN Jatim Kepada Erick Thohir

Di Kementerian BUMN, dia berhasil menjawab tantangan yang diberikan oleh Presiden Jokowi agar mentransformasi perusahaan-perusahaan milik negara.

Transformasi ini dilakukan oleh Erick Thohir melalui kebijakan holdingisasi agar tercipta efisiensi kinerja keuangan dan manajemen.

BACA JUGA: Erick Thohir Terbukti Sukses Sebagai Pemimpin, Berpeluang Besar Diusung Jadi Cawapres

Anggota Kehormatan Banser itu juga berhasil mengungkap berbagai kasus korupsi yang terjadi di dalam perusahaan BUMN.

Kasus korupsi yang diungkap oleh Erick Thohir ini di antaranya adalah Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast dan Pelindo.

Dari transformasi dan pengungkapan kasus korupsi ini, dia berhasil meningkatkan keuntungan atau laba dari Kementerian BUMN.

Laba Kementerian BUMN terekam terus mengalami peningkatan setiap tahun dari Rp 13 triliun di 2020 menjadi Rp 124 triliun pada 2021.

Sedangkan di tahun 2022, angka tersebut kembali meningkat menjadi Rp 303 triliun.

Kemudian di tahun 2022, angka dividen Kementerian BUMN kepada negara juga melonjak hingga menjadi yang tertinggi dalam sejarah yakni Rp 80 triliun. Dengan ini kepemimpinan Erick Thohir di Kementerian BUMN sudah tidak diragukan lagi.

Kemudian di PSSI, Erick Thohir yang baru memimpin dalam rentang waktu empat bulan sudah berhasil memboyong medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023. Prestasi ini mengakhiri puasa medali emas Indonesia di SEA Games selama 32 tahun.

Luar biasanya lagi Erick Thohir berhasil mengundang pemenang Piala Dunia 2022, Timnas Argentina untuk berlaga melawan Timnas Indonesia pada tanggal 19 Juni mendatang.

Oleh karena itu, Adi yang juga Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia tidak merasa heran jika saat ini sosok Erick Thohir terus menguat sebagai cawapres potensial untuk Pilpres 2024 mendatang.

Adi menambahkan prestasi Erick Thohir juga sudah terekam sebelum bergabung di pemerintahan sebagai pemilik salah satu klub sepak bola terbesar di dunia yakni Inter Milan dan Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 lalu.

“Pak Erick Thohir ini memiliki pengalaman sukses khususnya di bidang usaha dan politik. Di Indonesia kalau ada sosok yang hebat dan berprestasi pasti akan dimasukkan ke dalam bursa capres ataupun cawapres, seperti Pak Erick Thohir,” pungkas Adi. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Erick Thohir Dinilai Cawapres yang Tepat Bagi Prabowo


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler