Relawan Apresiasi Keberhasilan Indonesia Masuk DK PBB

Sabtu, 09 Juni 2018 – 19:09 WIB
PBB. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengapresiasi sekaligus bangga atas masuknya Indonesia ke dalam Dewan Keamanan PBB sebagai anggota tidak tetap. Dia berterima kasih kepada pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla yang telah berjuang keras demi kesuksesan tersebut.

"Membanggakan, keterpilihan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB ini merupakan bukti bahwa dunia internasional memberikan kepercayaan kepada  Indonesia," tegas Umbas dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/6).

BACA JUGA: Relawan Jokowi Siap Mewujudkan Demam Asian Games 2018

Menurutnya, apa yang telah dihasilkan Indonesia adalah hasil dari kerja keras seluruh komponen bangsa, tidak terkecuali komitmen besar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Yakni melaksanakan cita-cita Indonesia sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan berkeadilan sosial.

BACA JUGA: RI Anggota Tidak Tetap DK PBB, Ini Komentar Haedar Nashir

Umbas menyinggung komitmen Presiden Jokowi dalam pidato pembukaan Konferensi Asia Afrika di Jakarta, dimana Presiden mengatakan bahwa PBB tidak berdaya mengatasi berbagai konflik global dan aksi kekerasan di berbagai tempat, termasuk di Palestina.

Keterpilihan Indonesia menjadi anggota tidak tetap PBB, disebutkan dia bisa menjadi pintu masuk untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dengan berperan melalui politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.

BACA JUGA: Indonesia Punya Nilai Tawar Tinggi Jaga Perdamaian Dunia

"Ini berkah bagi seluruh rakyat Indonesia. Ke depan program yang masih terhambat juga akan lebih mudah untuk dieksekusi, yakni menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia," kata Umbas.

Untuk diketahui, dalam pemilihan yang dilakukan oleh Majelis Umum PBB di Markas Besar PBB di New York, Jumat (8/6) waktu setempat, Indonesia berhasil terpilih kembali sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Pencalonan dan kampanye Indonesia untuk DK PBB dimulai sejak 2016. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indonesia Anggota DK PBB, Semoga Palestina Merdeka


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler