Relawan Incorporated Mulai Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di NTT

Selasa, 08 Oktober 2024 – 14:09 WIB
Ketua Umum Bara JP sekaligus salah satu pendiri Relawan Incorporated, Utje Gustav Patty bersama Presiden Joko Widodo

jpnn.com, NUSA TENGGARA TIMUR - Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Relawan Incorporated mulai melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua Umum Bara JP Utje Gustav Patty mengatakan, masyarakat NTT memiliki keinginan besar untuk meningkatkan perekonomian mereka secara mandiri.

BACA JUGA: Diresmikan Jokowi, Relawan Incorporate jadi Wadah Akselerasi Pembangunan Negeri

"Kami merasa terpanggil untuk membantu merealisasikan, dan pastinya selaras dengan program kami," kata Utje, dalam keterangannya, Selasa (8/10).

Program ini fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat kelas bawah. Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, Relawan Incorporated berkomitmen untuk memberikan pelatihan kewirausahaan serta bantuan pemasaran produk-produk lokal.

BACA JUGA: PENEMU Jateng Gaungkan Pemberdayaan Ekonomi di Semarak Dirgantara 2024

Utje menambahkan bahwa misi utama program ini adalah membantu masyarakat agar dapat meningkatkan taraf ekonomi melalui usaha mikro dan kecil, tanpa perlu khawatir soal biaya pemasaran atau tempat berjualan.

"Produk-produk mereka akan dipasarkan di Bandara El Tari tanpa biaya sewa," tambahnya.

BACA JUGA: Refleksi 10 Tahun Kinerja Pemerintah: Kawasan Berikat Menyokong Geliat Ekonomi Rakyat

Tidak hanya masyarakat umum, sukarelawan yang telah bergabung dengan Relawan Incorporated juga akan diberikan pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan keterampilan ekonomi mereka.

Utje menegaskan, program ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Kupang. Sejumlah sukarelawan dan warga setempat telah mendaftar sebagai peserta dan tim pendukung.

"Kami berharap program ini dapat menjadi titik awal bagi banyak masyarakat untuk bangkit secara ekonomi," ujarnya.

Salah satu fokus utama dari program Relawan Incorporated adalah memasarkan produk-produk lokal dari berbagai sektor, seperti makanan dan minuman, kerajinan tangan, serta fesyen.

Program ini tidak hanya memberikan dampak ekonomi langsung, tetapi juga membuka peluang baru bagi pelaku usaha lokal untuk memperluas pasar mereka.

"Kami ingin masyarakat NTT melihat peluang besar untuk maju dengan produk-produk lokal mereka," ungkap Utje.

Dalam proses pelaksanaannya, Relawan Incorporated bekerja sama dengan berbagai elemen relawan, termasuk PENEMU Indonesia yang dikenal memiliki pengalaman dalam pemberdayaan ekonomi mikro.

"Dengan kolaborasi ini, kami optimis cita-cita kemandirian ekonomi masyarakat dapat tercapai," pungkasnya. (jlo/jpnn)
 

 

Utje mengungkapkan, salah satu program prioritas Relawan Incorporated adalah membangun perekonomian kelas bawah.

"Setelah kami berkonsultasi dengan bapak Presiden, kami disarankan untuk memprioritaskan pembangunan ekonomi masyarakat kelas bawah," ungkap salah satu pendiri Relawan Incorporated ini.

Seperti Presiden RI terdahulu, Jokowi kata Utje, selepas tak menjabat lagi akan tetap berkontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara Indonesia, salah satunya melalui pembangunan ekonomi masyarakat.

Sebagai informasi, Relawan Incorporated didirikan oleh sejumlah relawan Jokowi di antaranya Bara JP dan PENEMU (Pejuang Indonesia Maju) .

Outlet pertama Relawan Incorporated diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Selasa, 1 Oktober 2024 di bandara El Tari Kupang, NTT.

"Peresmiannya di bandara El Tari, Kupang, NTT, ditandai dengan penandatanganan plakat peresmian Relawan Incorporate," kata Utje Gustaaf Patty Kepada wartawan di Kupang, Selasa, 1 Oktober 2024.

Dia menjelaskan, Relawan Incorporated merupakan wadah pemberdayaan ekonomi relawan dan masyarakat. Di sini akan diberikan pelatihan hingga cara memasarkan produk-produk.

"Produk-produk yang dibuat relawan atau masyarakat juga akan kita bantu pasarkan di Bandara El Tari Kupang. Keuntungan sepenuhnya untuk mereka," ujar Utje.

Menurut dia, dengan dibantunya pemasaran, maka relawan atau masyarakat tidak perlu memikirkan biaya untuk bayar sewa tempat. Dia memastikan tidak ada biaya sepeser pun yang akan diminta.

Utje bersyukur, program ini disambut antusias, dan beberapa relawan di Kupang sudah mendaftarkan diri sebagai peserta, maupun sebagai tim pendukung.

"Kami akan arahkan saudara-saudara kita yang ingin berwirausaha. Masyarakat umum juga bisa mendaftar," ucap Utje.

Utje menyatakan, segala macam produk akan dipasarkan, di antara makanan dan minuman, kerajinan tangan, fesyen, pariwisata dan sebagainya.

Utje menegaskan, Relawan Inc merangkul semua elemen relawan untuk bersatu memajukan negeri. Kontribusi setiap elemen relawan penting karena, masing- masing elemen memiliki keterampilan masing- masing.

Di NTT, PENEMU Indonesia menjadi salah satu inisiator, orang-orang yang tergabung dalam PENEMU Indonesia merupakan para pelaku ekonomi yang terbiasa memberikan pendampingan kepada masyarakat.

"Mereka (PENEMU Indonesia) kebanyakan adalah pelaku ekonomi mikro yang usianya masih muda dan terbiasa memberikan pendampingan pemberdayaan ekonomi masyarakat," jelasnya.

"Dengan begitu, cita-cita kemandirian ekonomi masyarakat akan tercipta," pungkas Utje menambahkan. (*)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler