Relawan Inspirasi Jadi Ujung Tombak ‘Ramadan Berdaya’

Rabu, 09 Mei 2018 – 02:00 WIB
Ilustrasi. Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Rumah Zakat makin memfokuskan program Desa Berdaya pada ramadan tahun ini. Salah satu caranya adalah mengoptimalkan relawan inspirasi dan mengambil tema Ramadan Berdaya.

“Salah satu mitra yang vital untuk merealisasikan Desa Berdaya adalah para Fasilitator. Kami sebut mereka Relawan Inspirasi.”

BACA JUGA: Harga Telur Melonjak Jelang Ramadan

“Mereka adalah para pemuda pelopor di wilayahnya, yang menjadi mitra Rumah Zakat untuk menjadi pendamping, pemberdaya, surveyor program, penggerak lingkungan, bahkan menjadi advokat,” terang CEO Rumah Zakat, Nur Efendi.

Melihat ke belakang, Rumah Zakat membukukan lebih dari 217.000 donatur berdonasi di tahun 2017 lalu, dengan porsi 38% donasi dilakukan di Bulan Ramadan saja.

BACA JUGA: Liga Champions: Meski Berat, Salah akan Puasa di Kiev

“Dari total donasi ini, 77% donasi dilakukan secara cashless. Yang lebih istimewa adalah, 15% donasi cashless tahun 2017 dilakukan melalui platform SharingHappiness.org,” papar Nur Efendi.

SharingHappiness.org merupakan platform donasi crowdfunding yang diluncurkan oleh Rumah Zakat pada Februari 2016 lalu.

BACA JUGA: Puasa Ramadan dan Final Liga Champions, Salah Pilih Mana?

Oleh sebab itu, untuk Ramadan 2018, Rumah Zakat meluncurkan SharingHappiness versi 3.0 dengan berbagai fitur dan kemudahan agar target-target pemberdayaan tercapai.

Terkait tema Ramadan Berdaya, Rumah Zakat memang punya target khusus. Ramadan justru dijadikan ajang untuk mengokohkan program desa melalui bantuan agar mereka mandiri.

“Program Ramadan ini merupakan rangkaian program mempercepat berdayanya desa-desa yang didampingi oleh fasilitator pemberdaya rumah zakat. Dengan konsep pemberdayaan yang berkelanjutan dan terintegrasi serta kolaborasi dari berbagai pihak Insya Allah target Desa Berdaya akan terwujud,” jelas Irvan Nugraha, Direktur Marketing Rumah Zakat.

Hingga pertengahan April 2018 ini, Rumah Zakat telah membina 1.118 Desa Berdaya di 191 Kabupaten dan Kota di Indonesia. Di bulan Ramadhan 2018, Rumah Zakat telah mempersiapkan sejumlah program istimewa sebagai bagian pemberdayaan masyarakat di Desa Berdaya.

Dengan tajuk utama Ramadan Berdaya, Rumah Zakat memiliki target untuk mendistribusikan program 124.000 paket Berbagi Buka Puasa (BBP), 14.300 paket Kado Lebaran Yatim (KLY), 6.200 Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK), 8.850 paket Syiar Quran (SQ), dan 300 penerima manfaat program Janda Berdaya.(jpg/jpc)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ramadan, Asperindo Targetkan Transaksi Rp 200 Miliar


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler