Renault Ikut Gugat Carlos Ghosn

Selasa, 25 Februari 2020 – 22:30 WIB
Ilustrasi Carlos Ghosn. Foto: Nissan

jpnn.com - Manufaktur otomotif Prancis, Renault ikut melemparkan gugatan perdata kepada mantan pimpinan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, Carlos Ghosn.

"Renault telah mengajukan tindakan hukum untuk menegaskan hak-haknya," tulis Renault dalam sebuah pernyataan, dilansir AFP.

BACA JUGA: Tak Menyerah, Nissan Tuntut Ganti Rugi ke Carlos Ghosn

Renault menambahkan bahwa perusahaan berhak "untuk meminta ganti rugi dengan bunga" atas penyelidikan pada sejumlah klaim kejahatan keuangan di Prancis.

Renault menyatakan akan bekerja sama dengan otoritas peradilan untuk menyelesaikan gugatan itu.

BACA JUGA: Dalam Pelarian, Ghosn Masih Memikirkan Renault-Nissan

Sebelumnya, Ghosn melalui pengacaranya menunda pengajuan tuntutan untuk pembayaran uang pensiun senilai USD 270.000 (Rp 3,7 miliar).

Renault menolak membayarkan dana pensiun karena menurut mereka, Ghosn tidak berhenti bekerja karena pensiun, melainkan karena tersangkut kasus hukum.

BACA JUGA: Kabur dari Jepang, Carlos Ghosn: Saya Lolos Penganiayaan Politik

Lain halnya dengan Ghosn yang menyatakan bahwa dia berhenti dari Renault untuk pensiun dan atas kemauannya sendiri.

Saat ini, Ghosn menghadapi penyelidikan di Prancis atas pesta mewah di Istana Versailles pada 2016, yang diduga memakai uang Renault.

Ada juga pesta ulang tahun yang ke-60 pada dua tahun sebelumnya yang memakan dana 530.000 euro (Rp 8,01 miliar) karena mengundang musisi top hingga chef andal.

Selain itu, Ghosn juga diselidiki oleh kantor pajak Prancis atas transaksi keuangan yang mencurigakan antara Renault dengan distributor di Oman. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler