Rencana Anies Meliburkan Sekolah selama Asian Games Disoal

Kamis, 19 April 2018 – 21:23 WIB
Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis Kebijakan Transportasi dari Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan menolak rencana Gubernur Anies Baswedan meliburkan seluruh sekolah selama pelaksanaan Asian Games 2018.

Tigor menilai, sangat tidak tepat menempatkan masalah lalu lintas anak sekolah sebagai sumber kemacetan sehingga perlu diliburkan.

BACA JUGA: PKS Tak Rela Anies Baswedan Jadi Cawapres Prabowo Subianto

"Pertanyaannya, apakah memang benar proses belajar ke sekolah menjadi sebab utama kemacetan di Jakarta? Ingat, memecahkan masalah kemacetan sebenarnya tuntutan hak bagi warga dalam bertransportasi yang harus dipenuhi pemerintah," ujar Tigor di Jakarta, Kamis (19/4).

Menurut Tigor, pemerintah harusnya belajar dari China yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games. Negara itu justru menjadikan momen Asian Games memperbaiki masalah kemacetan secara nasional.

BACA JUGA: Terjawab Sudah! Anies Memang Paling Layak Dampingi Prabowo

Salah satu cara pengendalian yang dilakukan menaikkan tarif parkir hingga tiga kali dari sebelumnya. Kemudian membatasi ruang parkir bagi kendaraan bermotor pribadi.

"Untuk Indonesia sebenarnya bisa saja menjadikan Asian Games menjadi momen memperbaiki kemacetan Jakarta dan sekitarnya," ucapnya.

BACA JUGA: Jelang Asian Games 2018, Eko Yuli Dekati Catatan Terbaik

Tigor menilai, pemerintah bisa saja mengendalikan kendaraan pribadi agar tidak lewat pada koridor jalan di lokasi-lokasi Asian Games.

Dapat juga dilakukan dengan melarang dan menghapus parkir di badan jalan (on street) sebagaimana di atur oleh UU untuk meningkatkan kapasitas jalan.

"Sekarang terserah pemerintah untuk memilih dan membuat kebijakan yang bijaksana, demi kepentingan bangsa ini dan kepentingan perhelatan Asian Games," pungkas Tigor.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Angkat Besi Asian Games 2018 Buru Tuah di Pringsewu


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler