Resmi Dukung Ganjar, PPP Berharap KIB Tetap Satu Suara

Rabu, 26 April 2023 – 22:49 WIB
Para pemimpin parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yaitu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Plt Ketua Umum DPP PPP Mardiono, dan Ketua Umum DPP PAN. Foto: Dok. KIB

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono bakal berkomunikasi dengan elite dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) setelah parpol berlambang Kabah mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

Diketahui, PPP sebelumnya mengumumkan Ganjar sebagai Capres 2024 sesuai dengan keputusan rapimnas dari parpol berkelir hijau itu.

BACA JUGA: Ujang: KIB Pecah, PPP & PAN Dukung Ganjar, Golkar Sesuai Keinginan Jokowi

Juru Bicara PPP Usman M Tokan mengatakan ketum parpolnya bakal memperjuangkan nama Ganjar dalam rapat antar elite partai di KIB. 

"Ketum akan bawa hasil rapimnas ini ke rapat ketum-ketum KIB untuk diperjuangkan," kata Tokan melalui layanan pesan, Rabu (26/4). 

BACA JUGA: PPP Dukung Ganjar Capres, Habib Aboe PKS: Kami Tetap Fokus Memenangkan Anies Baswedan

Dia bahkan berharap sosok Ganjar yang menjadi capres dari PPP bisa diterima oleh elite parpol di KIB sehingga poros politik itu bisa tetap bersama. 

"Mudah-mudahan semuanya sepakat untuk mendukung calon PPP yang sudah menjadi keputusan rapimnas," kata Tokan. 

BACA JUGA: Ini Alasan PPP Ikhlaskan Tiket Capresnya untuk Anak Buah Megawati

Selain ke elite dari KIB, lanjut dia, Mardiono bakal berkomunikasi pula dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ganjar setelah PPP mengumumkan Gubernur Jawa Tengah itu sebagai capres. 

"Setelah kami umumkan, selanjutnya Ketum PPP akan membangun komunikasi politik dengan Ibu Megawati dan Mas Ganjar, soal hasil pembicaraan pimpinan KIB, mari lihat perkembangan lebih lanjut," ujar Tokan. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyebut PPP telah berkoordinasi dengan rekan di KIB sebelum parpol berlambang Kabah itu mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

"PPP sebelumnya telah melakukan komunikasi dan diskusi dengan PAN dan Golkar karena masih di KIB tentang rencana pengumuman penetapan capres," kata Viva Yoga melalui layanan pesan, Rabu (26/4). 

Dia mengatakan elite parpol dari KIB bakal bertemu pada Kamis (27/4) besok atau sehari setelah PPP mengumumkan Ganjar sebagai capres. 

Viva Yoga mengatakan pertemuan elite parrai dari KIB membahas kebijakan menyambut Pilpres 2024 dan persoalan kebangsaan. 

Diketahui, KIB ialah poros politik untuk kepentingan Pilpres 2024 yang dibentuk PPP, PAN, dan Golkar. 

"Agenda yang dibahas di antaranya soal kebijakan pilpres dan tantangan bangsa ke depan," kata dia. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler