Jokowi Resmikan Beberapa Venue PON XX Papua, Begini Harapannya

Sabtu, 02 Oktober 2021 – 14:55 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Hal itu ditandai dengan penandatanganan Prasasti Venue PON XX Papua di Jaya Pura, Sabtu (2/10). Foto: Biro Setpres

jpnn.com, JAYAPURA - Presiden Joko Widodo meresmikan beberapa venue untuk pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dalam acara itu turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

BACA JUGA: Presiden Minta Rakyat Papua Rawat Venue PON dengan Baik

Peresmian tersebut ditandai dengan Jokowi menandatangani prasasti venue PON XX Papua, di Jayapura, Sabtu (2/10).

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, venue-venue PON XX pagi hari ini saya nyatakan diresmikan,” kata Jokowi dalam laman resmi Kemenpora.

BACA JUGA: Mayjen Ignatius Cek Kesiapan Pengamanan Venue PON XX Papua

Jokowi bersyukur seluruh venue PON XX Papua sudah selesai dan siap mendukung suksesnya pelaksanaan PON yang rencananya akan digelar 2 hingga 15 Oktober 2021.

“Kita juga patut bersyukur, Papua kini memiliki berbagai venue olahraga yang berstandar internasional, mulai dari Istora Papua Bangkit, Arena Akuatik, Arena Kricket, Arena Pocky, Arena Dayung, Arena Panahan, sampai, Arena Sepatu Roda,” ujarnya Jokowi.

BACA JUGA: Sambut Opening PON XX, Menpora Amali Mulai Berkantor di Papua

Presiden ketujuh Republik Indonesia itu berharap dengan adanya fasilitas olahraga yang lengkap dan canggih yang ada di Bumi Cenderawasih bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Jokowi menegaskan, dirinya tidak ingin setelah PON selesai, fasilitas yang telah dibangun dengan dana besar dan berstandar internasional tersebut menjadi tempat yang sepi, tidak terawat dan akhirnya rusak.

“Setelah mampu membangun venue-venue yang terbaik ini, pekerjaan kita belum selesai, tugas selanjutnya adalah menjaga. Tugas selanjutnya adalah merawat, dan tugas selanjutnya adalah memanfaatkan venue ini dengan sebaik-baiknya,” kata Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi meminta kepada gubernur, para bupati dan walikota segera menyiapkan manajemen pengelolaan pemanfaatan fasilitas ini secara profesional agar bisa venue-venue yang ada terpelihara dengan baik.

“Manfaatkan venue ini sebagai tempat penjaringan bibit unggul olahraga, pembinaan para atlet Papua untuk semakin berprestasi baik di tingkat nasional maupun di tingkat dunia,” harap Presiden Jokowi.

Pergelaran PON XX Papua 2021  digelar dari tanggal 2 hingga 15 Oktober mendatang di empat tempat yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Sebanyak 37 cabang olahraga akan dipertandingkan dengan jumlah peserta sekitar 10.000 atlet dan official dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. (kemenpora/mcr16/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Friederich
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler