RestorActive Fest Jadi Ikhtiar Nestle Membawa Para Lansia Mencapai Hidup Bahagia

Rabu, 05 Juni 2024 – 19:02 WIB
Nestle menggelar RestorActive Fest bersama para lansia di Jakarta. Foto: Nestle

jpnn.com, JAKARTA - Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional 2024 yang jatuh setiap tanggal 29 Mei, Nestle Boost Optimum meluncurkan program RestorActive Fest.

Program tersebut bertujuan untuk memotivasi para lanjut usia (lansia) menjalani hidup yang lebih sehat, dengan beraktivitas fisik secara teratur.

BACA JUGA: Nestle Meluncurkan Minuman Berenergi Milo NutriActiv Dengan Multigrain

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Ade Rustama mengapresiasi program Nestle Boost Optimum yang berkontribusi dalam mendukung strategi nasional kelanjutusiaan (Perpres No 88 tahun 2021), melalui program “4 Sehat 5 Bahagia” yang sudah berjalan mulai 2023.

“Melalui kegiatan RestorActive Fest, yang merupakan kolaborasi multisektor, Nestle Boost Optimum mengedukasi para komunitas lansia, bagaimana menjadi lansia yang sehat dan bahagia," kata Ade dalam keterangannya, Rabu (5/6).

BACA JUGA: Nestle MILO Berbagi Kebahagiaan Kepada 500.000 Anak di Indonesia

RestorActive Fest merupakan hasil kolaborasi Pentahelix antara Nestle Boost Optimum dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia, Pengurus Pusat Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PP PERGEMI), divisi Geriatri FKUI RSCM, maupun komunitas lansia.

"Kegiatan kolaborasi strategis ini turut mendukung upaya pemerintah mewujudkan kualitas hidup lansia di Indonesia menjadi lebih baik dan berdaya. Semoga komitmen melalui kegiatan RestorActive Fest dapat semakin berkembang dan berkelanjutan secara nasional,” jelas Ade.

BACA JUGA: Nestle Menggelar Acara Spesial Merayakan Milo 50 Tahun di Indonesia

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2023 persentase penduduk lansia di Indonesia mencapai 11,75 persen dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada 2045.

“Seiring bertambahnya usia, tantangan kesehatan yang dihadapi para lansia membutuhkan perhatian yang signifikan," Business Executive Officer Nestle Health Science, Erfin Suraida menambahkan.

Salah satu tantangan tersebut ialah malnutrisi dan kemampuan fisik yang menurun, yang berdampak serius terhadap kesehatan dan kualitas hidup lansia.

"Nestle Boost Optimum secara aktif mendorong para lansia melalui kegiatan yang berkesinambungan dan fokus pada edukasi “4 Sehat 5 Bahagia”, yaitu pemenuhan gizi konsumsi ragam makanan bergizi seimbang, istirahat, aktif bergerak untuk mencapai pilar bahagia,” paparnya.

Kontribusi Nestle Health Science ialah melalui produk Nestle Boost Optimum dengan kebaikan protein whey, yang telah terbukti secara klinis dapat meningkatkan kekuatan otot dalam enam minggu.

Sebagai tindak lanjut peluncuran gerakan “4 Sehat 5 Bahagia” pada 2023, tahun ini Nestle Boost Optimum meluncurkan program RestorActive Fest.

Program tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian Pengaruh Konsumsi Boost Optimum & Resistance Training yang dilakukan oleh Nestle Boost Optimum, bersama PP PERGEMI dan divisi Geriatri FKUI RSCM dengan melibatkan 120 responden lansia selama 12 minggu.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa konsumsi Boost Optimum dan latihan fisik secara teratur dapat mencegah kerentaan otot, memperbaiki kekuatan otot, dan mewujudkan kualitas hidup.

Pembina PP PERGEMI, Prof Dr. dr. Siti Setiati, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM mengatakan masalah kesehatan pada lanjut usia, berawal dari kemunduran sel-sel tubuh.

Fungsi dan daya tahan tubuh menurun yang menyebabkan resiko terhadap penyakit pun meningkat.

"Dalam melihat kesehatan lansia bukan hanya fokus terhadap penyakitnya, tetapi bagaimana dapat memenuhi kebutuhan para lansia antara lain, pemenuhan gizi,” kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsulen Geriatri tersebut.

“Untuk menjaga kemandirian di usia lanjut, penting bagi lansia untuk fokus pada pemenuhan gizi seimbang dan aktif bergerak."

Sebagai bentuk komitmen berkelanjutan, Nestle Boost Optimum bersama Kemenko PMK RI dan PP PERGEMI memperluas jangkauan program RestorActive ke puskesmas dan komunitas lansia di Jakarta maupun kota-kota lainnya di Indonesia.

Koordinator Komunitas Lansia JJS 86 Jabodetabek Wahyu Hardaningtyas mengatakan, “Kami berterima kasih atas dukungan Nestle Boost Optimum kepada para lansia di Jakarta yang telah memfasilitasi kegiatan senam sehat lansia, pemeriksaan kesehatan, dan pemberian gizi." (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PMI Apresiasi Nestle Indonesia Atas Donasi Bantuan Kemanusiaan Rp 1 Miliar


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler