Review Realme 6 Pro: Kinerja Ciamik untuk Ponsel Rp 4,5 Juta

Rabu, 25 Maret 2020 – 03:31 WIB
Realme 6 Pro. Foto: ridho/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Realme memiliki senjata baru di pasar ponsel flagship tanah air, melalui model realme 6 Pro.

Dikembangkan dari varian XT, realme 6 Pro membawa standar baru di kelasnya. Di mana, model 6 Pro digadang sebagai ponsel pertama yang ditanamkan otak canggih Qualcomm Snapdragon 720G.

BACA JUGA: Harga Realme 6 dan 6 Pro Mulai dari Rp 3,4 Juta, Berikut Detailnya

"Realme 6 Pro menjadi smartphone dengan Snapdragon 720G pertama di dunia," ungkap Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian, saat peluncuran melalui live streaming, Selasa.

Selain itu, kemampuan layar dengan kualitas refresh rate (Hz) tinggi yakni 90 Hz, serta antarmuka (UI) custom yang berbasis Android 10.

BACA JUGA: Realme 6 Series Siap Meluncur di Indonesia Bulan Ini, Catat Tanggalnya

Realme memang dikenal yang pertama di tanah air yang mengaplikasikan refresh rate tinggi di ponselnya. Sekaligus, ponsel andalan ini mendarat di tangan kami untuk diulas lebih lanjut.

Kinerja

BACA JUGA: Realme 6 dan 6 Pro Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Perbedaan Keduanya

Otak di balik kinerja Realme 6 Pro memang membuat kami penasaran. Ya.. Mulai dari prosesor Snapdragon 720G yang diklaim dibuat menggunakan proses produksi 8nm yang canggih, menjadikannya lebih kuat dan efisien.

Paket komplit komponen lainnya seperti CPU Kryo 465 dengan dua core Cortex-A76 clock speed 2.3GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 1.8GHz, bersama GPU Adreno 618 baru, yang sama dengan di Snapdragon 730G yang ditanamkan di rivalnya.

Kami memang bukan gamers, tetapi demi membuktikan kinerjanya akhirnya coba memainkan FreeFire.

Secara umum, pengalaman bermain gimnya mulus. Snapdragon 720G menawarkan kami grafis lebih baik hingga 75 persen, terutama terkait detail dan warna. Termasuk pengoperasian dan suara mumpuni.

Apalagi adanya peningkatan modul AIE generasi ke-5 hingga 120 persen di Realme 6 Pro, sehingga perangkat bisa mengenali permainan dan secara real-time menyesuaikan performa.

Tentunya, prosesor juga dirancang untuk mampu mengoptimalkan kegiatan lain, baik online maupun offline, seperti menonton film streaming atau mengedit video.

Selain itu, kemampuan sistem (perangkat lunak) mengatur masa pakai baterai berkapasitas 4.300 mAh, menjadikan pengalaman menggunakan Realme 6 Pro lebih asyik.

Apalagi fitur pengisian cepat 30W yang baru ditingkatkan, bisa mengisi penuh hanya dalam waktu 60 menit, sementara saat bermain gim bisa 62 persen. Mencapai 70 persen dalam 30 menit untuk kondisi normal.

Layar

Realme 6 Pro ditanamkan layar seluas 6,6 inci, yang menghasilkan bidang pandang luas. Cocok buat yang suka main gim dan menonton film.

Hal itu berkat rasio 20:9, dan screen to body 90,6 persen, serta kecerahan 480 nits. Layar juga sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5. Jadi tidak perlu lagi memasangkan pelapis tambahan, lebih irit tentunya.

Selain itu, yang paling penting juga saat menajajal layar Realme 6 Pro ialah penawaran refresh rate tinggi, 90Hz. Ini menjadi keunggulan Realme di Indonesia. Perangkat pertama yang mengadopsi ini ialah realme X2 Pro.

Layar 90Hz mampu menghasilkan 90 frame per detik, artinya layar bisa menangkap pergerakan gambar lebih mumpuni. Hasilnya, saat kami menggulir layar jadi lebih halus, dan tampilan animasi lebih baik. Buat mata juga lebih baik, khususnya para gamers.

Terkait tampilan layar realme 6 Pro, beberapa fitur mendukung hasil yang lebih baik seperti, fungsi penyesuaian suhu warna layar yang dapat diatur waktu secara otomatis untuk mengaktifkan.

Kemudian ada fitur mode warna kustom yang bisa disesuaikan, serta fitur OSIE, yang mendukung fungsi efek visual super jelas dan jernih. Ini cocok buat yang suka nonton film.

Realme 6 Pro sudah bisa didapatkan di Blibli dan realme.com dengan banderol Rp 4,5 juta RAM 8GB/128GB. Untuk offline dimulai pada 4 April mendatang. (mg8/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler