Review Samsung Galaxy M30: Hp Rp 3 Jutaan Untuk Pengguna Aktif

Rabu, 31 Juli 2019 – 16:32 WIB
Samsung Galaxy M30. Foto: Ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Samsung Electronic Indonesia belum lama ini memboyong jajaran ponsel terbaru dari seri Galaxy M lewat kehadiran Galaxy M30.

Hadir dengan desain yang menawan dan mempunyai bodi ramping, handphone (Hp) asal Korea Selatan itu akan menyasar ke konsumen berjiwa muda.

BACA JUGA: Samsung Kembangkan Kacamata Pintar Berbasis AR

Kali ini tim JPNN.com pun mendapatkan kesempatan untuk menguji Samsung Galaxy M30. Lantas bagaimana sensasi dan ketangguhan Hp berbanderol Rp 3 jutaan itu.

Desain
Samsung Galaxy M30 terlihat lebih premium dari tampilan luarnya. Paling mencolok terlihat pada bagian atas layar yaitu desain tetesan air sebagai pengganti notch (takik) yang dihindari Samsung.

BACA JUGA: Samsung Siapkan 2 Model Baru Galaxy A Series

Ponsel memiliki ketebalan 8,5 mm yang masih dianggap tipis meskipun ditopang baterai besar (5000 mAh). Sehingga kami pun merasa sangat pas di tangan dan tidak terasa berat ketika menggenggamnya.

BACA JUGA: Samsung Segera Luncurkan Galaxy Tab S5

Layar
Samsung Galaxy M30 memiliki layar full HD+ Super AMOLED yang berukuran 6,4 inci dengan resolusi 2280 x 1080 piksel dan kepadatan 394 ppi. Layar AMOLED ikut berkontribusi dalam efisiensi penggunaan daya baterai.

Menggunakan desain layar Infinity-U, membuatnya Samsung Galaxy M30 berbeda dari perangkat Samsung yang dirilis sebelumnya.

Selain itu, layar tidak hanya punchy dan penuh warna namun juga sangat cerah hingga mudah dilihat di dalam maupun di bawah terik matahari.

Kemudian bagian layar juga memiliki fitur Always On yang akan membuat layar terus menyala setiap saat untuk menampilkan jam bahkan ketika perangkat terkunci.

Foto dan Video
Soal fotografi, Samsung Galaxy M30 dilengkapi tiga kamera di bagian belakang dengan masing-masing resolusi. Kamera utama 13MP (f/1.9, 5MP depth sensor (f2/2) dan 5 MP ultra-wide 123 derajat (f/2.2).

Untuk menujang pengguna ber-selfie, Samsung Galaxy M30 menggunakan lensa 16 MP.

Kamera utamanya diklaim lebih ciamik untuk penggunaan sehari-hari. Pengguna akan mendapatkan warna yang akurat walupun kondisi cahaya rendah. Fitur Live Focus untuk menghasilkan efek bokeh sangat berguna.

Selain foto, hasil video Galaxy M30 juga cukup baik bahkan di dalam ruangan dengan kaya sorotan cahaya. Fokus dan titik pengaturan pencahayaan secara otomatis dirasa cukup baik. (Hasilnya bisa dilihat pada video di bawah ini)

Performa
Samsung Galaxy M30 dijalankan dengan prosesor Exynos 7904. Prosesor itu nantinya akan bersanding dengan RAM 4GB dan RAM 6GB serta dukungan Mali-G71 MP2.

Di balik cangkang terbenam baterai besar 5.000 mAh yang telah didukung fitur fast charging 15W. Samsung Galaxy M30 sudah menggunakan USB C sebagai konektor.

Samsung Galaxy M30 juga menjalankan sistem operasi Android 9 Pie yang dilapisi Samsung Experience 9.5.

Selain itu, kami pun menguji menggunakan Antutu Benchmark dan Samsung Galaxy M30 mendapatkan skor 88757.

Samsung Galaxy M30 ditawarkan dalam dua varian warna yaitu hitan dan biru. Samsung Galaxy M30 bisa dipesan di Lazada pada 25-31 Juli 2019 dengan harga Rp 2.999.000. Sementara untuk harga aslinya sendiri dibanderol Rp 3.399.000. (mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kuartal III 2019, Samsung Banyak Bawa Produk Baru


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler