Riau Bhayangkara Run 2024 Dorong Peningkatan Pariwisata Bumi Lancang Kuning

Minggu, 07 Juli 2024 – 20:28 WIB
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal didampingi Ketua Bhayangkari Riau, Nindya M Iqbal saat menyerahkan hadiah pemenang RBR 2023 lalu. Foto: Bidhumas Polda Riau.

jpnn.com, PEKANBARU - Antusiasme peserta Riau Bhayangkara Run (RBR) 2024 yang berasal dari luar Pekanbaru dan Riau membawa dampak positif bagi sektor pariwisata.

Hal ini terlihat dari peningkatan okupansi hotel dan restoran di Pekanbaru menjelang pelaksanaan event lari terbesar di luar Jawa-Bali ini.

BACA JUGA: Armada Band Siap Meriahkan Riau Bhayangkara Run 2024

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat, mengungkapkan bahwa okupansi hotel di Pekanbaru mengalami peningkatan signifikan sekitar sepekan sebelum gelaran RBR 2024.

Peningkatan ini juga berimbas pada kunjungan ke restoran, sehingga menggerakkan perekonomian di sektor pariwisata.

BACA JUGA: 10 Ribu Pelari Mendaftar Riau Bhayangkara Run, Ekonomi Masyarakat Langsung Meroket

"Pemerintah Provinsi Riau turut mengambil peran aktif dalam mendukung RBR 2024,” ucapnya.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menginstruksikan hotel-hotel di Pekanbaru untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu, termasuk menyajikan makanan dan minuman khas Riau serta memutar musik Melayu di area lobi dan restoran.

BACA JUGA: Kapolda hingga Gubernur Turun Gunung Persiapkan Event Bergengsi Riau Bhayangkara Run

Selain itu, Pemprov Riau juga berkolaborasi dengan Angkasa Pura II di Bandara Sultan Syarif Kasim untuk menampilkan pertunjukan budaya Melayu.

Diharapkan dengan langkah-langkah tersebut, RBR 2024 dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Riau.

"Riau Bhayangkara Run 2024 ini menjadi sarana bagi kita untuk mengenalkan daerah kita kepada orang luar Riau, baik dari segi kekhasan daerah, kuliner, maupun wisata alam," jelas Roni.

Roni mengajak masyarakat Riau untuk bahu-membahu mendukung dan menyukseskan RBR 2024.

Dengan begitu, para peserta dari luar Riau akan merasa nyaman dan betah saat berada di Riau, sehingga mereka tertarik untuk kembali berkunjung ke Riau di masa depan.

"Pengalaman positif yang mereka dapatkan selama di sini diharapkan dapat mereka ceritakan kepada orang lain, sehingga menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Riau," tutur Roni.

Riau Bhayangkara Run 2024 tidak hanya menjadi ajang perlombaan lari, tetapi juga menjadi momentum untuk meningkatkan pariwisata Riau dan mendorong pemulihan ekonomi di daerah. (mcr36/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler